Sepanjang 2017 - 2019, Tujuh Pasar di Kapuas Hulu Terbangun

pena iklan pena iklan
 
Kabid Perdagangan Kasianus Kintoy saat mengunjungi Pasar Jongkong yang sudah selesai dibangun 
 
Penakapuas.com - Sepanjang 2017 - 2019 sudah ada tujuh pasar yang terbangun di Kapuas Hulu baik itu menggunakan dana Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Daerah. 
Ketujuh pasar yang sudah dibangun di Bumi Uncak Kapuas ialah Pasar di Hulu Gurung, Pasar Silat Hilir, Pasar Semitau, Pasar Selimbau, Pasar Jongkong, Pasar Puring Kencana dan Pasar Empanang. 
"Kemarin kami turun menyerahkan berita acara pengelolaan untuk 5 pasar ke Camat masing - masing," kata Kasianus Kintoy Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Senin (21/1). 
Kintoy mengungkapkan, kelima pasar yang sudah diserahkan berita acara untuk pengelolaannya ke pihak kecamatan, tentunya pasar tersebut sudah bisa difungsikan sebagaimana mestinya.  "Kini pihak kecamatan tinggal melakukan pendataan terhada minat lapak atau kios," tuturnya.  

Pejabat Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu Kapuas Hulu saat mengunjungi pasar di Selimbau 

Kintoy mengungkapkan, sejumlah pasar yang dibangun di Kapuas Hulu ini memang diperuntukan untuk pedagang berjualan ikan dan sayur, sementara kios yang dibangun diperuntukan untuk berjualan sembako kering.
Hanya saja menurut Kintoy, pasar yang sudah dibangun ini terdapat sedikit kekurangan seperti perlu dibangunnya toilet, pembuatan air bersih dan penambahan tangga. "Seperti di Pasar Tepuai dan Selimbau itu masih ada kekurangannya. Tentunya kekurangan - kekurangan ini akan kita sampaikan pada pimpinan," ucapnya.

Kunjungan pejabat dari Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu ke Pasar Tepuai Hulu Gurung 

Untuk itu pun Kintoy berharap agar pasar yang sudah dibangun tersebut dapat segera difungsikan sesuai peruntukannya. Soalnya pada bulan Maret 2020 rencananya Dinas Perdagangan akan melakukan penarikan retribusi. "Kalau kios itu retribusinya Rp120 ribu perbulan, kalau lapak disesuaikan dengan barang dagangannya," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 129372585483770671

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item