Pemkab Kapuas Hulu Siapkan Program Beasiswa Kedokteran

pena iklan

Sopuan 

Penakapuas.com - Sudah beberapa tahun ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu secara konsisten menyiapkan program beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi menjadi seorang dokter.“Program beasiswa kedokteran yang bekerjasama antara Kapuas Hulu dengan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura berakhir 2021," kata Sopuan Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kapuas Hulu saat ditemui diruangannya, Jumat (31/1). 
Sopuan mengatakan, untuk tahun 2020 ini ada 97 murid dari 27 SMA/MA jurus IPA di Kapuas Hulu yang akan mengikuti tahap penyeleksian.
" Hasil tes tahap pertama ini diambil 10 orang, kemudian 10 orang tersebut diikutkan ke tes tahap kedua di Pontianak dan 5 orang yang dinyatakan lulus tahap dua akan dibiayai kuliahnya oleh Pemda Kapuas Hulu," ujarnya. 
Sopuan memastikan dalam seleksi nanti akan dilakukan secara terbuka dan transparan. Bahkan saat tes nanti, pihaknya tidak ikut intervensi, karena sudah diserahkan ke Untan Pontianak. “Kalau selesai tes nanti, hasilnya pun langsung diumumkan. Tidak menunggu lama,” tegasnya.
Sopuan mengungkapkan, untuk penyeleksian bagi siswa berprestasi hingga hari ini belum ada dilakukan pihaknya karena masih menunggu informasi dari Universitas Tanjungpura Pontianak. "Namun kita sudah sosialisasikan soal beasiswa kedokteran ini baik ke sekolah - sekolah yang berada di lintas utara, selatan maupun jalur air, " jelasnya. 
Sopuan mengungkapkan, pada tahun 2020 ini Pemkab Kapuas Hulu pastinya menyiapkan anggaran bagi 5 orang yang lulus dan mengikuti kuliah kedokteran nanti kurang lebih satu miliar. 
"Tapi perlu diingat bagi mereka yang tak menyelesaikan kuliahnya, mereka harus mengembalikan uang yang digunakannya," ucapnya. 
Sejauh ini kata Sopuan, belum ada putra - putri Kapuas Hulu yang kuliah kedokteran tersebut mengembalikan uang pemerintah karena mereka benar - benar menempuh pendidikannya secara serius. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3054991790826430593

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item