Miris, Pemakaman Warga Perbatasan Seberangi Sungai

pena iklan

Bersama masyarakat setempat, anggota Pamtas Yonif 133 Yudha Sakti menggotong peti jenazah Sawa warga Batang Lupar melalui Sungai Mensiau, Minggu (19/1) 

Penakapuas.com - Hidup di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia sungguh memilukan, terutama infrastruktur jalan yang masih terbatas. Sehingga masih banyak infrastruktur di perbatasan tersebut belum tembus dengan jalur darat dan terpaksa harus melalui jalur sungai. Seperti yang dialami warga Kampung Kelawik, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu baru - baru ini. 
Hal ini bisa dilihat ketika warga setempat meninggal, mereka harus dikuburkan ke pemakaman yang jauh dari tempat tinggal mereka dan parahnya lagi harus menyebrangi sungai. 
Hal ini baru terjadi pada Sawa (60) warga Kampung Kelawik Kecamatan Batang Lupar, dimana untuk melakukan pemakaman terhadap yang bersangkutan, untuk membawa petinya terlebih dahulu melewati Sungai Mensiau Batang Lupar. Dimana kondisi arus dan kedalaman sungai cukup membahayakan bagi yang melewatinya.  
Jenazah Saka pun ditandu personel Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti, Pos Kelawik bersama masyarakat setempat, proses pemakamannya dilakukan Minggu (19/1). 


Anggota Pamtas Yonif 133 Yudha Sakti bersama warga saat memikul peti jenazah warga perbatasan 

Dansatgas Pamtas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta di Pos Nanga Badau Kapuas Hulu mengatakan, ini dilakukan untuk meringankan beban keluarga, makanya pihaknya mendatangi rumah duka untuk membantu prosesi pemakaman. 
"Dalam prosesi pemakaman tersebut anggota Satgas bersama warga menempuh jarak yang cukup jauh, selain melewati jalan yang licin karena hujan, juga melintasi derasnya arus sungai untuk sampai ke lokasi pemakaman," katanya, Senin (20/1).
Chandra mengungkapkan, ini sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas terhadap warga di daerah perbatasan, sehingga terwujudnya hubungan yang harmonis dan kekeluargaan yang baik guna memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4925070163901350828

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item