Minat Jadi Kades di Kapuas Hulu Tinggi, PNS Ada Daftar

pena iklan pena iklan

Abdul Halim Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu

Penakapuas.com - Tingginya minat masyarakat yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa (Kades) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pikades) 2020 di Kabupaten Kapuas Hulu terbukti dengan diikuti dari berbagai kalangan masyarakat.
Pada bursa Pilkades di wilayah Bumi Uncak Kapuas ini tak hanya diikuti oleh para petahana dan tokoh masyarakat saja, tetapi ada juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ikut mendatar. 
"Luar biasa masyarakat yang ingin menjadi Kades. Saat ini diperkirakan sudah mendaftar ada 368 orang. Termasuk PNS ada yang mendaftar Kades," kata Abdul Halim Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu saat ditemui diruangannya,  Senin (21/1). 
Halim mengatakan, tingginya minat masyarakat untuk menjadi Kepala Desa di Kapuas Hulu ini dilatarbelakangi karena tingginya minat masyarakat untuk membangun desa, keinginan untuk mengabdi di wilayahnya juga tinggi. "Saya ingatkan jadi Kepala Desa sebagai tempat pengabdian, bukan tempat untuk mencari pekerjaan. Apalagi sebagai tempat untuk merebut Dana Desa," ujarnya.
Lanjut Halim, di Kapuas Hulu ada 92 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, saat ini pun di Pemdes Kapuas Hulu tahapannya dalam pemeriksaan berkas. "Soalnya tanggal 24 Januari penetapan calon Kades sekaligus penarikan nomor undi. Serta tanggal 18 Maret itu sudah pemilihan," ucap Halim. 
Halim menjelaskan, dalam Pilkades tahun 2020 ini, setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades, maka desa tersebut tidak boleh kurang dari dua calon yang mendaftar dan tidak boleh lebih dari 5 calon yang mendaftar 
"Kalau lebih dari 5 calon yang mendaftar, maka  dari kabupaten yang melakukan penyeleksiannya. Untuk besok saja ada 3 desa dan 3 kecamatan yang mengikuti tes tertulis dan wawancara. Diantaranya Desa Pala Gurung Kecamatan Mentebah, Desa Belatung Kecamatan Embaloh Hilir dan Desa Nanga Kantuk Empanang," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5653313399545307529

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item