Kuota Lebih, Calon Kades di Tiga Desa Diseleksi

pena iklan

Pj Sekda Kapuas Hulu Hj Linda Purnama saat membuka acara penyeleksian terhadap tiga desa yang jumlah bakal calon Kadesnya melebihi dari lima orang 

Penakapuas.com - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Kapuas Hulu diikuti 92 Desa telah memasuki tahap penyeleksian administrasi.
Khusus untuk 3 desa terpaksa dilakukan seleksi untuk bakal calon yang akan ikut dalam Pilkades karena jumlah calon yang mendaftar lebih dari 5 orang.
"Pembukaan seleksi terhadap 3 desa yang kuotanya lebih dari 5 dilakukan oleh Pj Sekda Kapuas Hulu Hj Linda Purnama kemarin," kata Abdul Halim Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Kamis (23/1).
Halim mengatakan, maksimal peserta dalam Pilkades yakni 5 orang, jika melebihi maka terpaksa dilakukan seleksi dari pihak Kabupaten.
Lanjut Halim, ada 3 desa yang calonnya lebih dari 5 yakni Desa Pala Gurung Kecamatan Mentebah, Desa Belatung Kecamatan Embaloh Hilir dan Desa Nanga Kantuk Empanang.
“Untuk seluruh calon ini sudah menjalani ujian penjaringan melalui tes tertulis dan tes wawancara untuk memilih 5 calon,” ujarnya. 

Pj Sekda Kapuas Hulu Hj Linda Purnama foto bersama dengan bakal calon Kades yang desanya melebihi 5 orang mendaftar menjadi Calon Kades

Sementara itu Pj Sekda Kapuas Hulu Hj Linda Purnama mengharapkan Panitia Pilkades dapat berlaku profesional dan transparan.
"Panitia Pilkades dan BPD masing–masing desa harus memiliki sikap netral agar Pilkades tercipta aman dan nyaman," ujarnya. 
Linda mengatakan, dalam pembentukan panitia Pilkades ini, diharapkan seluruh BPD dan panitia bersifat netral dan tidak menjadi tim sukses di intern panitia. “Kami berharap kepada panitia Pilkades, agar tidak ikut menjadi tim sukses. Ini agar Pilkades 18 Maret mendatang berjalan aman dan tenang,” harapnya.
Netralitas tersebut juga dibutuhkan agar tidak terjadi indikasi kecurangan dalam pemilihan kepala desa. Masyarakat harus ikut andil dalam menjaga suasana agar tidak ada kegaduhan di setiap desa yang menyelenggarakan pilkades serentak. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 561360991383108317

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item