Tanggap Darurat Bencana, Kodim 1206 Psb Gelar Apel

pena iklan


Wabup Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero saat memantau pasukan, Jumat (20/12) 

Penakapuas.com - Dalam rangka meningkatkan sinergitas penanganan tanggap darurat bencana alam di Kabupaten Kapuas Hulu, Kodim 1206 Putussibau melaksanakan gelar pasukan dan perlengkapan dihalaman Makodim, Jumat (20/12) Kasdim 1206 Putusssibau, Mayor Inf. Agus Jailani bertindak selaku inspektur apel.

Mayor Inf. Agus Jailani Kasdim 1206 Psb menjelaskan,  apel tersebut sebagai langkah awal untuk menghadapi bencana alam yang sudah terjadi, disamping itu meningkatkan kesiapsiagaan penanganan bencana.

"Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk membangun sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 1206/Psb khsususnya dan pemerintah daerah pada umumnya," katanya. 

Dikatakan Kasdim, upaya penanggulangan bencana alam harus dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan terencana, baik dengan pemerintah maupun dengan masyarakat, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang terjadi.

"Seperti bencana alam banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, evakuasi korban ataupun bantuan kemanusiaan lainnya," ucapnya.

Memang  tambah Kasdim kategori banjir di Kapuas Hulu saat ini sifatnya banjir lewat, tidak sampai 3 - 4 hari. Namun adanya apel ini kata Kasdim, untuk meningkatkan sinergitas, dan persiapan baik dari TNI - Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, Tagana dan pihak terkait lainnya," paparnya.

Saat ini sambung Kasdim, daerah banjir sudah dilakukan pemetaan baik wilayah Selatan beberapa daerah yang sebelumnya sempat terendam banjir, demikian juga wilayah Utara.

"Kita tetap siap di lapangan, melakukan pencegahan, sehingga tidak ada korban lebih lanjut. Kemudian menginfokan kepada masyarakat agar selalu waspada," jelasnya. 

Dengan kegiatan gelar pasukan ini Kasdim mengharapkan, satuan pelaksana penanggulangan bencana alam Kodim 1206/Psb maupun Satuan penanggulangan bencana yang lain mampu bergerak cepat, tepat dan efisien jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

"Berdasarkan keadaan geografi dan data dari BNPB maupun BPBD, ada beberapa daerah yang termasuk daerah berpotensi rawan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, puting beliung," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero menyampaikan beberapa bulan terakhir ini curha hujan cukup tinggi. 

"Seperti yang dikatakan tadi, sekitar 20 persen daerah kita terkena banjir, maka saya himbau masyarakat agar berhati - hati, karen kita tidak tahu kondisi jalan dan jembatan yang di lewati bisa saja rusak," imbaunya.

Wabup juga mengimbau aparatur pemerintahan desa, agar menginformasikan kepada masyarakat  di wilayah masing - masing, agar saling membantu jika terjadi musibah baik banjir, tanah longsor dan lainnya.

"Langkah Pemda melalui BPBD sudah melakukan tugasnya dalam penanganan bencana. Tetapi kita ketahui, hari ini pihak Kodim sudah menggelar apel persiapan dan kelengkapan, kita harapkan hubungan antar instansi berjalan baik, karena ini tanggungjawab bersama baik TNI Polri dan Pemerintah Daerah, ini yang perlu disinergikan," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3218126412927907899

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item