Pendaftaran Panwascam Kurang Diminati

pena iklan


Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu 

Penakapuas.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu membuka pendaftaran Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020. Pendaftaran yang dibuka dari tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019 itu hingga saat ini seperti kurang diminati masyarakat. Soalnya hingga H-1 pendaftaran, masih banyak kecamatan yang belum memenuhi kuota. 

" Kuota setiap kecamatan minimal 6 orang. Namun H-1 ini, masih banyak kecamatan yang belum memenuhi kuota," kata Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu saat ditemui diruangannya, Selasa (2/12). 

Haidir mengungkapkan, dari 23 Kecamatan yang ada di Kapuas Hulu ini, ada beberapa kecamatan kuota pendaftaran Panwascamnya belum terpenuhi seperti Kecamatan Semitau, Bunut Hilir, Suhaid, Seberuamg, Silat Hilir, Silat Hulu, Pengkadan, Boyan Tanjung, Mentebah, Kalis, Puring, Empanang, Badau, Batang Lupar dan Embaloh Hulu.  "Rata-rata dari beberapa kecamatan ini baru 1-5 orang yang mendaftar menjadi penyelenggara Pemilu," ujarnya. 

Lanjut Haidir, jika hingga hari terakhir pendaftaran, kuota di beberapa kecamatan belum terpenuhi, maka pendaftarannya kemungkinan akan diperpanjang.

Lanjut Haidir, jika melihat minat masyarakat menjadi penyelenggara agak kurang. Hal ini dikarenakan kemungkinan masyarakat trauma saat pelaksanakan Pemilu Legislatif maupun Pilpres kemarin.

"Pada Pileg dan Pilres itukan aturannya rumit  dan panjang waktunya, sehingga banyak korban baik dari yang sakit hingga meninggal," ucapnya. 

Selain itu kata Haidir, kurangnya minat masyarakat untuk menjadi penyelenggara Pemilu pada Pilkada 2020 ini, ada aturan bagi pendaftarnya mesti diatas umur 25 tahun. 

"Sementara yang daftar saat ini banyak dibawah umur 25. Jika ini benar-benar diterapkan maka jumlah yang mendaftar Panwascam ini akan terus berkurang," jelasnya. 

Untuk meningkatkan animo masyarakat mendaftarkan diri menjadi Panwascam, Haidir menegaskan jika pihaknya sudah gencar melakukan sosialisasi melalui media hingga turun langsung ke kecamatan. 

"Kami juga sudah pasang spanduk, baleho dan lainnya di berbagai daerah," tuturnya. 

Sambung Haidir, untuk tahap selanjutnya setelah proses pendaftaran nanti, pihaknya akan melakukan pemberkasan dan pengumuman kelulusan.

"Kemudian ada jeda untuk penilaian dari masyarakat terhadap peserta yang lulus nanti. Apakah yang sudah lulus dan kita umumkan nanti ada penilaian negatif dari masyarakat atau tidak. Setelah itu baru kita menuju proses selanjutnya," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3246680768439432204

Posting Komentar

  1. "Sementara yang daftar saat ini banyak dibawah umur 25. Jika ini benar-benar diterapkan maka jumlah yang mendaftar Panwascam ini akan terus berkurang," jelasnya.

    LUcu aja pernataan ini...

    BalasHapus

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item