Pelantikan ASN Meninggal, Hairudin Tanya Kemana Baperjakat

pena iklan


Penakapuas.com-Hairudin Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu sangat menyayangkan adanya pelantikan ASN yang sudah meninggal pada tanggal 20 Desember 2019 lalu. 
Dirinya pun mempertanyakan kemana Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kapuas Hulu dan fungsinya apa sehingga kasus pelantikan ASN meninggal bisa terjadi.

"Mengapa ini bisa terjadi? Apakah Tim Baperjakat Kapuas Hulu itu ada dan diberikan fungsi? Ataukah Keputusan pengangkatan ASN dalam jabatan tertentu merupakan keputusan dari segelintir pihak," katanya baru-baru ini. 
Menurut Hairudin, pelantikan ASN semestinya harus sesuai dengan tempatnya 

"Tempat yang dimaksud, adalah adanya kesesuaian antara latar belakang yang dimiliki, pengalaman kerja, loyalitas serta integritas yang bersangkutan dengan jabatan yang akan dipangkunya," ujarnya. 

Menurut Hairudin, pelantikan yang dilaksanakan pada Tanggal 20 Desember 2019 yang bertempat di Rumah Adat Melayu Kapuas Hulu (MABM) itu, dinilainya tidak memenuhi prinsip-prinsip manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan baik serta berkualitas. 
 
"Secara yuridis maupun teoritis, pelantikan ASN dalam jabatan tertentu merupakan satu mekanisme yang terencana, sistematis dan komprehensif, bukan sebaliknya," tegasnya.

Lanjut Hairudin, keputusan pengangkatan ASN bukan satu keputusan yang dihasilkan dari satu kompromi atau hanya karena kepentingan segelintir orang untuk mempromosikan ASN ke dalam jabatan tertentu.  

"Penempatan ASN dalam satu jabatan tertentu adalah tanggung jawab Tim Baperjakat. Dimana Kelayakan penempatan ASN sangat bergantung pada kajian dan pertimbangan Tim," paparnya. 

Hairudin mengingatkan, pada proses penempatan ASN di masa yang akan datang, baik mutasi atau promosi, pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, khususnya Tim Baperjakat harus bisa lebih profesional dan lebih selektif. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8287891368291243476

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item