Maret 2020, Empat Desa di Lanjak Gelar Pilkades

pena iklan


IPDA Egnasius 

Penakapuas.com- Maret tahun 2020 nanti sebanyak 93 desa di Kapuas Hulu akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Begitu juga di Kecamatan Lanjak Batang Lupar, sedikitnya ada empat desa yang akan melaksanakan Pilkades. 

"Di wilayah kami ini ada empat desa yang akan menggelar Pilkades yakni Desa Setulang, Desa Melemba, Desa Sungai Ajung dan Lanjak Deras," kata IPDA Egnasius Kapolsek Batang Lupar, Rabu (18/12).  

Egnasius mengatakan, selama Pemilu baik itu Pilkada, Pileg maupun Pilpres kemarin, kondisi daerah yang dekat perbatasan Indonesia-Malaysia ini selalu aman dan kondusif saat Pemilu. "Karena masyarakat disini selalu ikut aturan dalam Pemilu dan masyarakatnya juga sudah cerdas dan tidak mudah digesek hingga terjadinya benturan dan lain sebagainya, " ujarnya. 

Hanya saja kata Kapolsek, dalam menjalankan tugas pengamanan dan pengawasan Pemilu, bagi pihaknya cukup berat, soalnya wilayah di Kecamatan Batang Lupar masih ada desanya harus menempuh jalur air. 

"Seperti Pilkades nanti yakni Desa Melemba, untuk kesana saja jika air pasang itu mencapai 2 jam. Sementara jika air surut bisa mencapai 8 jam," ujarnya. 

Lanjut Kapolsek, kesulitan lainnya dalam melakukan pengamanan Pemilu di daerah air ini yakni sarana dan prasarananya yang terbatas. Soalnya untuk ke Desa Melemba tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar, sementara pihaknya tidak mempunyai anggaran dalam pengamanan Pemilu seperti Pilkades nanti. "Untuk desa yang lain, mungkin kami masih mampu melakukan pengamanan, karena masih bisa ditembis dengan motor," ucapnya. 

Untuk itu Egnasius sangat mengharapkan masalah anggaran untuk pengamanan dan pengawasan Pilkades ini dapat diperhatikan khusus oleh pemerintah. "Kita berharap diploting anggaran untuk pengamanan dan pengawasan dari pemerintah, supaya tetap memacu anggota kami bekerja dilapangan," jelasnya. 

Egnasius pun mengimbau kepada masyarakat empat desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, agar dapat menentukan pilihannya dan jangan sampai Golput. "Kita ini memilih pemimpin untuk memajukan desa, jangan sampai masyarat di desa tersebut acuh tak acuh soal Pilkades ini," pungkasnya. (taufiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3284717097946078346

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item