Guru Honor Sekolah Akan di SK Langsung Bupati

pena iklan


Petrus Kusnadi 

Penakapuas.com- Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu terhadap nasib guru honorer, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir akan mengeluarkan SK Bupati kepada 500 – an guru honorer yang selama ini dibiayai sekolah menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi mengungkapkan, saat ini pihaknya terus bekerja dalam mempersiapkan pendataan guru honorer yang ada dan disesuaikan dengan data dari PGRI.

“Selama ini mereka di SK – kan oleh Kepala Sekolah, maka kita sangat bersyukur melalui Bapak Bupati, teman – teman guru honor sekolah akan di SK kan oleh beliau (AM Nasir),” ungkap Kusnadi, Rabu (4/12).

Dikatakan Kusnadi, untuk sumber pembiayaan tetap dari sekolah masing – masing dan mereka juga tidak bisa menuntut sesuai dengan upah kabupaten, karena keuangan daerah belum mampu untuk itu.

“Saat ini guru honorer yang dibiayai menggunakan dana BOS berdasarkan Dapodik Dinas Pendidikan hampir 500 orang,” ujarnya.

Namun dijelaskan Kusnadi lagi, dengan di SK – kan langsung oleh Bupati, guru honorer bisa mendapatkan NUPTK (Nomor Unit Tenaga Kependidikan) artinya mereka sah dan boleh mengikuti PPG, kemudian setelah ikut PPG, mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan profesi. 

“Mudahan mudahan mereka suatu saat nanti bisa mendapatkan tunjangan profesi. Untuk peng SK-kan mereka sedang berproses, tim kita sekarang sedang bekerja lakukan penyesuaian data. Kemudian semua tergantung kepala sekolah, mereka yang mengetahui dan mereka yang punya pendanaan, siapa saja dan berapa besar biayanya,” paparnya.

Kusnadi mengakui bahwa guru honor, guru honor sekolah selama ini berperan penting membantu dunia pendidikan di Kapuas Hulu, apalagi kondisi yang masih kekurangan guru hingga sekarang. (taufiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8582486000282614001

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item