Empat Parpol Gagas Koalisi Besar di Pilkada Kapuas Hulu

pena iklan

 

Keempat Parpol di Kapuas Hulu saat melakukan koordinasi menuju koalisi Pilkada 2020 di Hotel Grand Banana, Putussibau (4/12)

Penakapuas.com- Empat Partai Politik (Parpol) di Kapuas Hulu tengah menggagas koalisi besar. Masing-masing adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Nasional Demokrat (Nasdem). Keempat pimpinan Parpol tersebut melakukan gagasan koalisi besar di Hotel Grand Banana Putussibau, Rabu (4/12).

Kedepannya keempat Parpol ini akan menyiapkan paket pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Pilkada 2020.

Rajuliansyah Ketua DPC PPP Kapuas Hulu mengatakan, bertemunya keempat Parpol ini untuk koordinasi menuju koalisi menuju Pilkada 2020. "Kemungkinan nanti kita akan merekrut beberapa partai bergabung nanti. Tentunya kita akan memilih figur-figur yang benar-benar memajukan Kapuas Hulu," katanya saat ditemui disela-sela pertemuan. 

Menurut Rajuliansyah, dari pertemuan keempat Parpol, belum ada arahnya menunjuk siapa Cabup maupun Cawabup kedepannya. 

Sementara itu Abang Tarmidzi Ketua DPD Nasdem Kapuas Hulu mengungkapkan pertemuan mereka ini, tujuan untuk menyatukan kesamaan pada Pilkada 2020. "Mudahan dengan konsolidasi empat partai ini, bisa membuahkan koalisi partai pada Pilkada 2020," ucapnya.

Menurut Abang Tarmidzi, dari pertemuan yang sudah dilakukan tadi, mereka mengharapkan pemimpin Kapuas Hulu adalah orang yang tahu dan paham dengan kondisi Bumi Uncak Kapuas dan pernah terbukti dalam berkarya. 

"Jangan sampai kita salah pilih pemimpin, karena ini sangat penting bagi kita," tuturnya.

Lanjut Tarmidzi, jika dari koalisi ini kedepannya dari partai Nasdem, kader mereka tidak dipilih menjadi Cabup maupun Cawabup, pihaknya tetap mendukung. 

Sementara itu Muhsin Ketua DPC Partai Gerindra Kapuas Hulu pertemuan ini memang gagasan dari mereka dan ini merupakan tahap awal jelang Pilkada 2020.

"Ini solusi menuju koalisi, tentunya ini akan berkembang lebih lanjut," ucapnya. 

Untuk menentukan kader partai mana yang akan menjadi Cabup dan Cawabup Kapuas Hulu, Muhsin menegaskan, pihaknya belum bisa menentukan sikap karena ini masih tahap awal.

"Pembicaraan soal itu akan lebih intensif dan lebih panjang lagi. Ini masih tahap awal," ucapnya. 

Sementara itu Hairudin Ketua DPD PAN Kapuas Hulu mengatakan, pada pertemuan ini keempat Parpol ini ingin membangun kekuatan dan kebersamaan jelang Pilkada 2020.

"Kami melihat, Parpol masih jalan masing-masing. Jadi kami ambil inisiatif untuk bangun bersama kekuatan ini. Karena apa yang kami lakukan ini untuk kepentingan masyarakat juga," tegasnya.

Hairudin yang juga Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu ini mengungkapkan, meskipun ada empat Parpol yang melakukan koalisi ini, bukan berarti menutup kemungkinan bagi partai lain."Kita harap partai lain juga dapat merapat bersama kami," ucapnya. 

Lanjut Hairudin, dari PAN sendiri dalam Pilkada 2020 belum bisa mengusung Calon Bupati maupun Cawabup sehingga perlunya berkoalisi dengan partai lain.

"Kita memang juga sudah menyoapkan kader terbaik untuk Pilkada 2020. Namun siapa pun yang pantas dan layak berdasarkan kesepakatan bersama, kami tetap mendukung," pungkasnya. (taufiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6304108880499709905

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item