Pemkab Kapuas Hulu Anggarkan Rp52 Miliar Dana Hibah

pena iklan


Iwan Setiawan Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kapuas Hulu 

Penakapuas.com- Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menganggarkan sebesar Rp52,3 miliar untuk dana hibah tahun 2019. Sementara untuk Bansos dianggarkan Rp1 miliar. 

"Sebanyak 445 penerima dana hibah tahun ini. Tanggal 25 Desember batas penyaluran dana hibah," kata Iwan Setiawan Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Rabu (6/10). 

Iwan menjelaskan, untuk penyaluran dana hibah hingga kini sudah mencapai 90 persen dan penerima dana hibah juga sudah menyampaikan pertanggungjawabannya. Namun ada juga penyaluran dana hibah masih dalam proses dan ada juga dana hibah yang belum dicairkan. "Kalau dana hibah yang belum dicairkan itu karena penerimanya yang tidak mengurusnya, " ucapnya. 

Lanjut Iwan, kebanyakan dana hibah ini penerimanya dari Ormas, Lembaga dan rumah ibadah. Untuk mendapatkan dana hibah tersebut, calon penerima dana hibah sebelumnya mesti mengajukan proposal permohonan dan melengkapi persyaratan yang ada. 

"Untuk ormas, kalau ada program kerja mereka jelas dalam membantu meningkatkan  pembanginan daerah bisa saja tiap tahun mereka mendapatkan bantuan dana hibah," katanya. 

Namun untuk jumlah dana hibah yang bisa diberikan kepada calon penerima dana hibah, semuanya tergantung dari kemampuan uang daerah. "Bisa saja jumlah dana hibah diberikan itu bisa saja jumlahnya besar dan bisa saja kecil," ujarnya. 

Iwan pun mengimbau, agar penerima dana hibah segera melaporkan Surat Pertanggungjawabannya kepada pihaknya. Laporan pertanggungjawaban yang dibuat penerima hibah sebenarnya tidak rumit. Karena sudah ada formatnya dan sudah disosialisasikan. 

"Karena jika SPJ ini sampai terlambat disetor, maka akan berdampak terhadap tata kelola keuangan di Pemkab Kapuas Hulu," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1261566692383261595

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item