Pastikan Ketersediaan Gas, Dewan Sidak Ke Pangkalan

pena iklan


Suasana inpseksi mendadak yang dilaksanakan oleh DPRD Kapuas Hulu ke sejumlah pangkalan elpiji 3 kilogram di wilayah Putussibau dan Selatan, Rabu (27/11) Kuswandi yang memimpin langsung sidak tampak sedang berdialog dengan pemilik pangkalan, menanyakan persoalan sulitnya mendapat gas Elpiji 3 kilogram tersebut

Penakapuas.com- Menyikapi keluhan masyarakat akan sulitnya mendapat Gas Elpiji 3 kilogram, Anggota DPRD Kapuas Hulu menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pangkalan diwilayah Putussibau Utara dan Putussibau Selatan, Rabu (27/11) pagi. Sidak dipimpin langsung oleh Kuswandi Ketua DPRD Kapuas Hulu, didampingi Wakil Ketua Hairudin, beserta sejumlah Anggota Komisi B DPRD Kapuas Hulu.

Kuswandi menjelaskan inspeksi mendadak yang dilakukan itu juga sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan elpiji 3 kilogram jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Alhasil, sejumlah pangkalan yang didatangi memang tengah mengalami kekosongan gas elpiji 3 kilogram.

“Nyatanya kita verifikasi di lapangan inilah adanya. Maka kita turun langsung ini mau tahu apa penyebab langka, terutama terkait pendistribusian itu lancar atau tidak. Kalau memang tidak lancar, kita lakukan rapat kerja dengan instansi terkait,” katanya. 

Lanjut Legislator Partai Golongan Karya ini menambahkan, jangan sampai harga elpiji 3 kilogram itu bergejolak, karena daya beli masyarakat yang tidak mampu menjangkau apabila harganya mahal.

“Hasil kita di lapangan ini akan dijadikan bahan rapat kerja dengan Pemerintah Daerah, kita akan menjadwalkan melalui Komisi B, rapat dengan OPD terkait. Maka kita upayakan cari data, dan cari solusi agar kebutuhan gas untuk masyarakat terpenuhi,” ujarnya. 

Untuk itu, Kuswandi juga mengimbau para agen dan pangkalan Gas Elpiji 3 kilogram di Kapuas Hulu agar cepat melapor ke pemerintah apabila proses distribusi gas tersebut tersendat. “Karena ini untuk kebutuhan natal dan tahun baru, jadi harus terpenuhi,” tururnya.


Sementara itu, sejumlah pemilik pangkalan mengakui jika distribusi gas 3 kilogram tersebut mengaku sudah beberapa bulan terakhir minim mendapat pasokan. Anton misalnya, pemilik pangkalan di daerah Kedamin Putussibau Selatan itu mengaku pihaknya hanya mendapat jatah jual 2 hari dalam seminggu.

“Jumlah tabung satu truk yang kita dapat per hari itu sebanyak 900 tabung gas elpiji 3 kg, dengan harga jual Rp27.100. Sistem penyaluran antri, kita bagi rata, satu orang maksimal 2 (dua) tabung. Karena ada juga keluarga yang nitip dengan pengantri ini,” tutur Anton.

Anton memastikan bahwa dua kali seminggu pendistribusian dari agen di Sintang sejauh ini berjalan lancar. Ia juga memastikan bahwa ketersediaan gas di pangkalan mereka jelang Natal dan Tahun Baru akan stabil. (taufiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4206393140408537151

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item