Buat Malu, Tiga Guru Dipecat

pena iklan


Petrus Kusnadi 

Penakapuas.com- Pemerintah Kapuas Hulu telah memecat tiga oknum guru Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang tidak dispilin dan melakukan tidak kriminal. Karena buat malu daerah, akhirnya tiga oknum guru tersebut dipecat. Dua diantaranya dipecat dengan tidak hormat karena kasus kedisiplinan, sementara satu lainnya karena kasus asusila terhadap perserta didik. Bahkan saat ini ada satu lagi oknum guru yang tersangkut kasus asusila dan masih dalam proses hukum, untuk yang bersangkutan pun akan dilakukan pemecatan dengan tidak hormat bila terbukti salah dimata hukum.

Pemecatan oknum guru tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi. "Ia pemecatan itu benar. Pada tahun 2018 ada dua orang, kemudian awal 2019 ada satu orang, ada satu lagi sedang proses. Pemecatan itu tidak dengan hormat, jadi mereka tidak mendapatkan gaji lagi," tegas Kusnadi, Senin (25/11).

Pada tahun 2018 itu, kata Kusnadi, dua oknum guru terkapsa dipecat karena berkaitan dengan kasus kedisplinan. Mereka meninggalkan tugas tanpa memberi kabar sehingga terpaksa dipecat. Selanjutnya di 2019 seorang oknum guru tersandung kasus asusila terhadap perserta didik sehingga menjalani pidana badan, untuk itu yang bersangkutan dipecat.

 "Saat ini ada juga yang diproses hukum karena kasus asusila juga, yang bersangkutan akan diproses pemecatan bila terbukti bersalah dimata hukum. Kita serahkan bersangkutan pada proses hukum berlaku terlebih dahulu," tegasnya. 

Kusnadi menuturkan bawa prilaku asusila terhadap perserta didik tersebut tidak bisa ditolerir karena guru sebetulnya tugas mulia. Untuk itu martabat dan marwahnya harus dijaga dengan baik. "Ini kalau dibiarkan dan tidak dipecat tentu akan memperburuk pandangan terhadap dunia pendidikan kita," ucapnya.

Kusnadi pun menghimbau kepada para guru untuk bekerja dengan baik. "Lakukan pekerjaan dengan rasa tanggung jawab, perserta didik itu adalah masa depan kita semua," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5143432246181190667

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item