Warga Kapuas Hulu Geram, Listrik Padam Hampir Setiap Malam

pena iklan



Penakapuas.com- Warga Kapuas Hulu  mengaku kesal lantaran sering terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba hampir setiap malam oleh PLN Putussibau. 

 "Di tempat kami Semangut Bunut Hulu setiap hari padam lampu. Dalam satu hari mati lampunya 2-3 kali. Padamnya listrik sampai berjam-jam," kata Oju warga Semangut Kapuas Hulu, Kamis (24/10). 

Oju mengungkapkan, padamnya listrik ditempat mereka sering terjadi jelang Magrib, dan biasanya baru menyala sekitar jam 21.00 Wib. "Anehnya di Kecamatan lain seperti Mentebah dan desa Suruk listriknya menyala, tapi di Semangut selalu jadi korban pemadaman oleh oknum atau orang yang tidak bertanggung jawab," ujarnya. 

Akibat sering terjadinya pemadaman listrik, di Semangut sering terjadi pencurian. Untuk itu pihaknya rutin melakukan ronda malam.

Dirinya berharap agar masalah ini bisa diatasi oleh PLN, dan PLN Putussibau dimohon untuk melakukan perbaikan pelayanannya.

Hal serupa diungkapkan Anes warga Putussibau, akhir-akhir ini lisrik di dalam kota sering padam hingga berjam-jam. "Hampir setiap malam rutin mati lampu. Lamanya bisa 30 menit hingga satu jam," ucapnya.

 Menurut Anes, sudah beberapa hari ini listrik sering padam tiba-tiba di malam hari. Tentunya ini membuat barang elektronik rusak. Terus, cukup mengganggu aktivitas warga juga. "Mohon kepada pihak PLN kalau bisa segera mengecek kondisi ini," tuturnya. 

Sementara itu Manager PT PLN Ranting Putussibau, Andrew Oktora mengatakan saat ini listrik di kota Putussibau dan sekitarnya sering dilakukan pemadaman bergilir, karena mesin Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) mengalami defisit daya. 

"Kami terpaksa lakukan pemadaman bergilir, dikarenakan sistem kelistrikan Putussibau sedang mengalami defisit daya mampu, sebab mesin PLTD sedang tidak normal," katanya.

Andrew mengatakan, pada kondisi normal daya bangkit listrik sebesar 7.300 kw, dengan beban sebesar 6.700 kw, namun dikarenakan adanya gangguan pada tujuh mesin sehingga daya berkurang. 

Menurut dia, sudah dua hari terakhir pihaknya (PLN Putussibau) melakukan perbaikan dari pagi hingga sore, sempat normal tetapi selang beberapa waktu kemudian daya kembali menurun. 

" Untuk mengatasi persoalan tersebut kami telah memanggil teknis dari Sanggu, mudah - mudahan listrik di Kota Putussibau dan sekitarnya dapat normal seperti biasa," ujarnya. 

Dengan kondisi tersebut, kata Andrew, PLN Putussibau berupaya sekuat tenaga dan dengan segala kemampuan.

" Mohon doa dari seluruh masyarakat agar penormalan mesin bisa secepatnya selesai, " pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4044660228389631407

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item