Kasi Pidum Prihatin, Narkoba di Kapuas Hulu Banyak Jerat Masyarakat Biasa

pena iklan


Bayu Kusuma Kasi Pidum Kejari Kapuas Hulu 

Penakapuas.com- Bayu Kusuma Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu mengaku prihatin dengan kasus narkoba yang terjadi di Bumi Uncak Kapuas. Pasalnya kasus narkoba ini di dominasi masyarakat biasa. "Kasus narkoba yang dilimpahkan ke kami ini, pelakunya rata-rata masyarakat biasa. Ada yang kerjanya kuli bangunan, petani, karyawan swasta dan lainnya," katanya saat ditemui diruang kerjanya, Senin (7/10). 

Bayu mengungkapkan, dari Januari hingga September 2019 ada delapan kasus narkoba yang mereka tangani, jumlah perkara narkoba ini pun tergolong banyak jika dibandingkan ketika dirinya bertugas di NTT. 

"Lima perkaranya sudah putus, tiga masih dalam proses," ucapnya. 

Parahnya lagi kata Bayu, Barang Bukti Narkoba yang tertangkap jumlahnya sangat kecil, rata-rata jumlah barang bukti yang diamankan dari pelaku tidak sampai 1 gram. "Rata-rata para pengguna narkoba yang ditangkap ini, barang buktinya beratnya hanya 0,7-0,9 gram," tuturnya. 

Lanjut Bayu, tingginya kasus narkoba di Kapuas Hulu ini, membuat pemerintah daerah lebih keras lagi melakukan penyuluhan bahaya narkoba kepada masyarakat sehingga dapat meminimalisir penggunaan narkoba di masyarakat. 

"Kami juga sebagai penegak hukum melakukan penyuluhan narkoba kepada masyarakat, terutama dibagian intelijen. Saya kira polisi juga melakukan penyuluhan serupa," ujarnya. 

Sementara itu Hairudin Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu dari Partai PAN  merasa prihatin terkait kasus narkoba yang cukup tinggi (banyak), kalau dibanding dengan kasus-kasus yang lain di Kapuas Hulu.

"Dengan banyaknya kasus narkoba, yang ada di Kapuas Hulu, tentu kita sangat prihatin, dan mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama memerangi Narkoba," ujarnya.

Menurutnya, bagaimana memerangi Narkoba dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan seperti, kegiatan keagamaan, sosial, olahraga, seni budaya, dan banyak kegiatan positif lainnya, yang bisa menghindari narkoba tersebut.

"Tidak kalah penting juga adalah, memperbanyak sosialisasi bahaya akan narkoba, yang akan merusak dan menghancurkan masa depan generasi muda, serta bangsa Indonesia itu sendiri," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 9034848575798028844

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item