Jalan di Kapuas Hulu Rusak Akibat Alat Berat

pena iklan


Pemkab Kapuas Hulu sudah memasang banner larangan bagi kendaraan yang bermuatan lebih dari ketentuan untuk melintasi jalan yang ada di Kapuas Hulu 

Penakapuas.com-Sejumlah ruas jalan di Kapuas Hulu rusak bukan hanya dikarenakan faktor cuaca, adapula karena faktor kelalaian manusia. Salah satunya pengoperasian alat berat eksavator di jalan beraspal. Bagi para oknum operator eksavator di jalan raya yang menyebabkan kerusakan jalan akan dipidana dan denda Rp 24 juta.

Dedy Kepala Bidang Bina Marga, pada Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air kebupaten Kapuas Hulu menegaskan, bahwa pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat terkait batas kekuatan jalan di sejumlah titik di Kapuas Hulu. Batas kekuatan jalan tersebut adalah 8 ton. "Kita beri imbauan berupa baner agar para pengguna jalan tidak berlebihan muatan, sebab itu dapat merusak jalan," katanya, Selasa (8/10).

Dedy mengungkapkan, faktor lain dari kelalaian manusia yang merusak jalan adalah menjalankan eksavator di jalan raya. Hal ini sudah ditemukan oleh petugas Dinas PU Kapuas Hulu. "Beberapa jalan kita hancur, seperti menuju Jongkong, jalan aspal terkelupas karena dilalui eksavator oknum tertentu," ucapnya.

Sebab itu dari Dinas PU telah membuat surat untuk para Camat dan Polsek agar dapat membantu mengawasi dan sosialisasikan ke masyarakat, bahwa mobilisasi alat berat harus dengan cara-cara yang benar. "Operator menjalankan alat beratnya jangan di jalan raya. Kalau terpaksa harus lewat jalan raya gunakanlah teknik-teknik yang tidak mengakibatkan kerusakan permukaan jalan," ujarnya.

Lanjut Dedy, pengoperasional alat berat di jalan raya tentu ada ketentuannya. Ini diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pasal 162 ayat 1. "Kalau menjalankan alat berat dijalan raya dan merusak jalan itu bisa ancaman pada pasal 274 ayat 1, bisa dipidana 1 bulan serta denda Rp 24 juta," tegasnya. 

Dedy juga mengajak masyarakat untuk turut mengawasi oknum-oknum yang mengoprasikan alat berat dijalan raya dan menyebabkan kerusakan. Apabila ada laporkan ke Kepolisian "Masyarakat perlu bantu untuk mengawasi infrastruktur yang ada. Kalu masih ada yang mengunakan eksavator dan merusak jalan, laporkan saja ke kepolisian," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6445241601995553273

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item