Generasi Milenial Harus Ikut Lestarikan Budaya

pena iklan

Fransiskus Diaan, Tokoh Masyarakat Kapuas Hulu

Penakapuas.com - Tokoh Masyarakat Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH mengatakan salah satu unsur terpenting dalam pelesatarian budaya adalah generasi milenial. Melalui generasi ini kebudayaan akan tetap bertahan dan bahkan semakin besar dan dikenal dunia. "Generasi milenial tidak boleh melupakan budayanya, mari kita sama-sama mengembangkan kebudayaan kita dengan cara terlibat aktif dalam festival kebudayaan dan kegiatan kebudayaan lainnya," ucapnya, saat ditemui menghadiri Festival Dayak Kaya'an Mendalam, kecamatan Putussibau Utara, Sabtu (26/10) malam.
Pria yang karib disapa Sis ini menuturkan bahwa Kapuas Hulu sangat kaya akan kesenian budaya ditambah lagi dengan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yaitu Danau Sentaru dan Taman Nasional Betung Kerihun. Keistimewaan yang dimiliki kabupaten di ujung timur Kalimantan Barat ini, menurut Sis, dapat dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi salah satu sumber penopang perekonomian masyarakat. "Kita harus bisa menerima dan mempersiapkan diri untuk peluang pariwisata, tentu yang utama kita harus berperilaku baik pada wisatawan dan terus mempromosikan pariwisata kita. Dengan meningkatnya wisatawan ini akan meningkatkan ekonomi kita," ujarnya.
Sis menegaskan dirinya sangat antusias terhadap kegiatan festival budaya Kaya'an. Menurutnya momentum tersebut dapat menyatukan kembali rasa persatuan masyarakat Kaya'an Mendalam, serta masyarakat Kapuas Hulu pada umumnya. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti Festival Kaya'an Mendalam, ini akan mengundang komunitas Kaya'an yang mungkin berada diluar pulau untuk kembali mempererat tali kekeluargaan, termasuk juga kekeluargaan dengan masyarakat Kapuas Hulu secara umum," tuntasnya. (yohanes)
Advertisement

Related

Sosial Budaya 612288668158978725

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item