Festival Danau Sentarum Bangun Sumber Ekonomi Masyarakat

pena iklan


Pembukaan Festival Danau Sentarum ditandai dengan pemukulan kangkuang oleh Bupati Kapuas Hulu bersama Kementrian Pariwisata RI  

Penakapuas.com- Festival Danau Sentarum akan jadi agenda rutin tahunan di Kecamatan Batang Lupar, soalnya kegiatan ini dapat membangun sumber ekonomi masyarakat setempat. 

"Kegiatan Festival Danau Sentarum bertujuan untuk membangun sumber ekonomi masyarakat.  Kami laporkan bahwa lebih dari 80% warung atau lapak jualan yang ada di sekitar lokasi acara ini merupakan milik masyarakat setempat," kata Bung Tomo Ketua Panitia Festival Danau Sentarum dalam sambutannya, Jumat (25/10). 

Bung Tomo menegaskan, kegiatan festival ini untuk terus meningkatkan profil pariwisata Kapuas Hulu sebagai jembatan nasional dan internasional. Pihaknya juga melalui festival ini meningkatkan  iklim pariwisata di Kapuas Hulu sehingga meningkatkan daya tarik daerahnya ini.

Lanjut Tomo, Kegiatan Festival Danau Sentarum ini merupakan komitmen Pemkab Kapuas Hulu dalam mengembangkan pariwisata yang didukung Kementrian Pariwisata. "Danau Sentarum ini, salah satu open wonderpul nasional, sejak bulan juli 2019 festival ini sudah dipersiapkan. Sehingga terwujudkan kegiatan ini," ujarnya. 

Lanjutnya,  festival danau sentarum ini dilaksanakan 3 hari. Adapun beberapa kegiatan festival ini diantaranya kontes ikan arwana, lomba perahu bidar, bersepeda di jantung borneo. "Mengingat debit air di Danau Sentarum yang masih belum memungkinkan sehingga lomba perahu bidar terpaksa kita laksanakan di sungai Kapuas di Putussibau," ucapnya. 

Selain itu kata Tomo, digelar beberapa kegiatan seperti Sentarum Expo atau pameran produk masyarakat, minum madu, olahraga tradisional, motorcroos.

Sambung Tomo, kegiatan festival Danau Sentarum ini terlaksana atas kerjasama pemerintah daerah melalui dinas kepemudaan olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu serta Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat dengan kementerian Pariwisata. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8852044386777303923

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item