Coba Selundupkan Peluru dari Malaysia, Warga Boyan Tanjung Ditahan

pena iklan

 



 TNI yang bertugas di Perbatasan juga ikut memeriksa barang bawaan Basri, Sabtu (19/10) 

Penakapuas.com-Mencoba mengelabui petugas Bea Cukai Nanga Badau, Basri warga Desa Sri Wangi Kecamatan Boyan Tanjung ditangkap petugas setempat sekitar pukul 06.00 Wib, Sabtu (19/10). Basri ditangkap karena diduga mencoba menyelundupkan 62 butir peluru dari Malaysia. 

Gery Riokadapi selaku Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi Bea Cukai Nanga Badau menceritakan kejadian bermula pada Sabtu (19/10) sekira pukul 06.00 Wib, mobil penumpang (ojek/travel) dari arah Malaysia dengan nomor polisi QSY 9392 warna putih melintasi PLBN Badau. Mobil yang dikendarai oleh Syahrul (ojek) membawa satu orang penumpang bernama Basri.

"Saat itu Basri turun didepan pos imigrasi untuk melakukan penutupan paspor. Setelah menutup passpor, petugas yang saat itu berjaga pagi di pintu kedatangan meminta saudara Basri untuk menurunkan seluruh barang bawaannya dari mobil untuk dilakukan pemeriksaan melalui mesin x-ray," katanya.  


Peluru yang ditemukan oleh petugas Bea Cukai Nanga Badau 

Lanjut Gery, setelah melakukan pemindaian pada mesin x-ray, petugas curiga terhadap suatu kaleng makanan yang menurut citra x-ray terdapat suatu barang yang disimpan didalam kaleng tersebut.

Petugas meminta Basri untuk membuka isi dari kaleng makanan tersebut dan menanyakan isi yang ada didalamnya kaleng. Basri mengaku bahwa didalamnya hanya berisi beras.

"Karena petugas masih curiga, akhirnya diputuskan untuk mengeluarkan isi yang ada dari dalam kaleng tersebut. Saat seluruh beras sudah dikeluarkan, terdapat plastik hitam yang masih tersimpan disana," jelasnya. 

Saat diintrogasi, kata Gery, Basri mengaku tidak tahu isi yang ada didalamnya. Namun saat petugas memeriksa isi dari plastik tersebut, ditemukan 63 butir peluru berburu.

"Dari pengakuan Basri, bahwa ia mengaku jika kaleng makanan tersebut hanya titipan dari temannya yang berada di Sri Aman yang meminta untuk dibawakan ke Desa Sri Wangi Kecamatan Boyan Tanjung," paparnya. 

Sambungnya, pukul 13.40 Wib dilakukan penyerahan barang bukti berupa 62 butir peluru ke Polsek Badau untuk diproses dan ditindaklanjuti sesuai ketentuan berlaku. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1724841333139096946

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item