Petani di Kapuas Hulu Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

pena iklan


Penandatanganan MoU tentang penyelenggaraan jaminan sosial Ketenagakerjaan bagi petani di Kapuas Hulu antara BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Rabu (11/9).


Penakapuas.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kapuas Hulu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Pertanian dan Pangan melakukan Penandatangan ksepakatan bersama (MoU) tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Petani dan Buruh Tani di Kabupaten Kapuas Hulu. Penandatanganan MoU pun dilakukan di aula Dinas Pertanian, Rabu (11/9). 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu Abdurasyid mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut dan berharap seluruh petani di wilayah kerja mereka terdaftar dan terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya berharap setelah adanya kerjasama dan sosialisasi ini kepada seluruh petani sudah mulai didaftarkan ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan secara berkesinambungan.” katanya. 

Selain itu  kata Rasyid, melalui petugas penyuluh lapangan mereka, program pemerintah ini, pihaknya tentu akan menginformasikan kepada petani-petani yang ada di pelosok maupun pedalama. " Soalnya ketika petani sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentunya manfaat yang mereka rasakan nantinya luar biasa besar dengan iuran yang sangat murah," ujarnya. 

Sementara itu Wahyu D Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu mengatakan, dengan adanya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk para petani ini, secara tidak langsung juga akan meningkatkan kesejahteraan petani-petani tersebut. 

“Kami akan memberikan kemudahan-kemudahan untuk mereka, mulai dari pendaftaran menjadi peserta sampai melakukan klaim, dengan iuran yang hanya Rp16.800, mereka sudah terlindungi dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian," tegasnya. 

Melalui kegiatan ini juga, kata Wahyu, pihaknya ingin memastikan para petani juga memiliki hak yang sama dengan karyawan perusahaan maupun Non ASN untuk mendapat pelayanan atau Jaminan Sosial  ketenagakerjaan. 

"Kita harap baik petani, nelayan, pedagang maupun profesi lainnya, masyarakat kita mendapatkan pelayanan atau Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," jelasnya.

Selain penandatanganan kesepakatan bersama, kegiatan ini juga dilanjutkan sosialisasi program dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian  dan Pangan beserta jajarannya. Serta perwakilan dari para petani. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3814995807240792481

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item