Diduga Terkait Karhutla, Satu Perusahaan Sawit di Kapuas Hulu Disegel Polisi

pena iklan


Pihak Polres Kapuas Hulu saat melakukan pengecekan lahan yang terbakar di Kecamatan Semitau, Kamis (19/9) 

Penakapuas.com - Diduga terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), satu perusahaan perkebunan sawit di Kapuas Hulu yakni PT Dinamika Multi Perkasa yang beroperasi di Desa Kenepai Komplek Kecamatan Semitau terpaksa disegel pihak Polres Kapuas Hulu, Kamis (19/9).

"Kami sudah melakukan penyegelan terhadap lahan itu dan kami akan melakukan pemeriksaan terhadap pihak perusahaan," kata Kapolres Kapuas Hulu RS Handoyo melalui  Kepala Satuan Reskrim Polres Kapuas Hulu, IPTU Siko via Whatsapp, Jumat (20/9). 

Siko mengatakan, lahan yang terbakar itu seluas dua hektare yang merupakan milik warga, namun masuk dalam konsesi perusahaan.

Menurutnya, di lokasi kebakaran lahan tersebut sudah dipasang spanduk larangan beraktivitas dan dipasang garis polisi. "Selama proses penyelidikan tidak boleh ada aktivitas apa pun di lahan yang sudah terbakar itu," ucapnya.

Untuk itu kata Siko, pihaknya akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan, apalagi pelakunya perusahaan. Ia mengatakan dalam penanganan kasus tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan saksi ahli seperti BPN, Dinas Perkebunan, Lingkungan Hidup dan BMKG.

"Beberapa barang bukti sudah kami amankan, kemudian melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi termasuk pihak perusahaan, apabila terbukti maka kami tindak sesuai hukum yang berlaku," pungkasnya. (taufiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6434310934092499978

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item