Rumah Singgah Penderita Gangguan Jiwa di Kapuas Hulu Belum Berfungsi Maksimal

pena iklan


Rumah singgah bagi penderita gangguan jiwa yang ada di Kelurahan Kedamin Hulu Kecamatan Putussibau Selatan  ini belum berfungsi secara maksimal karena sarana dan prasarananya masih banyak yang kurang 

Penakapuas.com- Dibangun sekitar tiga tahun yang lalu, rumah singgah yang dibangun oleh Dinas Sosial Kapuas Hulu yang ada di Kelurahan Kedamin Hulu sepertinya belum berfungsi secara maksimal. Pasalnya masih banyak sarana dan prasarana yang perlu ditambah. 

Rumah singgah yang diperuntukan bagi penderita gangguan jiwa ini terlihat kosong selama ini, tidak ada aktivitas apa pun yang dilakukan dirumah singgah tersebut. 

"Rumah singgah kita itu bukan tidak difungsikan, rumah itu difungsikan juga selama ini, ada orang yang tidak bisa pulang ke daerah asalnya, kita inapkan mereka dirumah singgah itu. Selain itu ada penderita gangguan jiwa yang salah dikirim kesini, kita inapkan juga mereka disana," kata Martha Banang Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan dan KB Kapuas Hulu, Selasa (13/8). 

Namun memang kata Martha Banang, sebelumnya pada rapat Forkompind, masalah rumah singgah tersebut sempat dibahas dan Bupati mengharapkan agar rumah singgah tersebut agar dapat diperbaiki tahun ini sehingga bisa difungsikan sebagaimana mestinya. 

"Melalui dana perubahan nanti, rumah singgah itu akan diperbaiki seperti adanya penambahan jeruji besi, maupun pengaman lainnya sehingga rumah tersebut benar-benar layak bagi penderita gangguan jiwa," ucapnya. 

Lanjut Martha, sebelum rumah singgah tersebut direhab, pihaknya akan akan belajar lagi ke daerah lain untuk melihat bagaimana rumah singgah yang layak bagi penderita gangguan jiwa.  

"Selama ini kami selalu kebingungan ketika ada penderita gangguan jiwa disini, dimana kami harus menampungnya, terutama penderita gangguan jiwa yang ditolak oleh keluarganya. Sehingga kami menitipkan mereka sementara di rumah sakit jiwa Singkawang," pungkasnya. (fiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4299439082288276097

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item