KPU Masih Bahas Anggaran Pilkada Kapuas Hulu 2020

pena iklan


KPU Kapuas Hulu  mempresentasikan RAB Pilkada kepada Pemda diruang rapat Bupati, Rabu (14/8) 

Penakapuas.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu saat ini masih melakukan pembahasan rancangan anggaran pelaksanaan Pilkada Kapuas Hulu 2020. Diperkirakan anggaran yang akan digunakan mencapai Rp43 milyar. Rabu (14/8) kemarin KPU Kapuas Hulu  mempresentasikan RAB Pilkada kepada Pemda diruang rapat Bupati. 

"Hari ini kami di undang pemerintah daerah (sekda) untuk assesmen terkait dengan RAB Pilkada 2020 mendatang. Alhamdulillah proses assesmen berjalan lancar," kata Ahmad Yani Ketua KPU Kapuas Hulu. 

Yani menjelaskan, adapun yang dibahas dalam asessmen tersebut terkait dengan besaran RAB, dasar penyusunan RAB, dan kompoen apa saja yang termuat dalam RAB yang diajukan oleh KPU Kab. Kapuas Hulu.

"Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa KPU KPU Kapuas Hulu mengusulkan Anggaran untuk Pilkada 2020 sebesar 43 milyar," ujarnya. 

Lanjut Yani, dasar KPU mengusulkan anggaran tersebut antara lain UU no 10 tahu 2016 perubahan atas UU no 1 tahun 2015 ttg pemilihan gubernur, bupati dan walikota, Permendagri nomor 54 th 2019 ttg pendanaan kegiatan pemilhan gubernur, bupati dan walikota yang bersumber dari APBD, Keputusan KPU nomor 80/kpts/KPU/2017 ttg standar kebutuahn barang dan jasa, Keputusan KPU nomor 81/kpts/KPU/2017 ttg petunjuk teknis penyusunan anggaran dalam rangka kebutuhan barnag dan jasa dan honorarium pelaksana aan pemilihan gubernur, bupati dan walikota, Surat menteri keuangan nomor S-118/MK.02/2016 ttg penetapan standar biaya honorarium tahapan pemilihan umum Anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden serta tahapan pemilihan gubernur/bupati/walikota 

"Adapun porsi anggaran yang di susun dalam RAB adalah sebagai berikut 53% (23, 1 M) untuk belanja barang dan jasa sedangkan 47% (20,4 M) adalah untuk belanja honoraroium dan kelompok kerja," jelasnya. 

Sambung Yani, memang secara peruntukan lebih besar porsinya untuk badan penyelenggara (adhok) karena jumlahnya lebih banyak, ini di hitung berdasarkan jumlah kecamatan, jumlah desa dan jumlah TPS.  Total penyelenggara kita ada 9076 orang yang tersebar di 23 kecaman dan 282 desa/kelurahan.

"Sebagai contoh honorarium untuk bada Adhok (PPK) kurang lebih 2,2 M, penjumlahannya berdarkan jumlah penyelenggara dikali masa kerja dapat angka demikian misal masa kerja PPK 9 bulan . Kemudian honor badan Adhok (PPS) kurang lebih 12, 5 M, KPPS kurang lebih 3,1 M dan PPDP sekitar 1,2 M," 

Hadir dalam assesment tersebut Ketua Kapuas Hulu  beserta anggota KPU, Sekretaris KPU berserta para Kasubag, Pj. Sekda KH, Kepala Bapedda KH, Sekretaris BKD, Sekretaris Inspektorat dan Bagian Kesra Kapuas Hulu. (fiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2097989661188028405

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item