Ringankan Beban Masyarakat, Dinas Pertanian Gelar Bazar

pena iklan

Penakapuas.com - Untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan selama bulan puasa dan persiapan lebaran mendatang, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Bazar Murah daging sapi, telur dan barang kebutuhan pokok lainnya. Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Dinas setempat, Senin (20/5) pagi itu disambut antusias masyarakat yang berbelanja sejumlah barang pokok dengan harga terjangkau.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu Abdurasyid menyampaikan, bazar murah itu dilaksanakan tanggal 20-21 Mei 2019.

"Kita bazar beberapa komoditi, seperti telur, daging sapi, beras kita kerjasama dengan Bulog, kemudian gula, tepung terigu, minyak goreng. Kemudian ada tepung tapioka produk unggulan Kapuas Hulu dan barang kebutuhan pokok lainnya," katanya disela-sela kegiatan Bazar Murah.

Bahkan kata Rasyid Kadis Pertanian ini biasa disapa, para pedagang sayur di Kapuas Hulu juga minta agar mereka bisa menjual komoditi mereka di lokasi Bazar Murah tersebut.

"Namun untuk harga kita minta standar, itu dari BPP karena memang tidak disubsidi. Seperti cabe harganya 25 ribu perkilo jadi dibawah harga pasaran. Jadi silahkan untuk mengimbangi harga pasaran," ujarnya.

Terkait daging sapi, Rasyid mengatakan itu di subsidi Pemda Kapuas Hulu. Bazar pertama ini disediakan 2 ekor sapi, yang disubsidi 15 persen. Jadi sekita Rp128 ribu perkilogramnya, dibawah harga pasaran.

"Kemudian telur disediakan sebanyak 35.000 butir. Tepung 5 ton, beras 2 ton, gula 700 kg. Jadi persiapan kita lumayan. Komoditi yang dibazar, cukup banyak dari tahun lalu," jelasnya. 

Dalam bazar tersebut Rasyid mengatakan tidak membatasi masyarakat membeli, sepanjang itu digunakan untuk konsumsi keluarga.

"Hanya jangan membeli untuk didagangkan kembali. Saya berharap masyarakat tertib dan tidak saling rebutan," pesannya.

Untuk itu Rasyid berharap, mudah-mudahan dengan bazar tersebut, bisa membantu masyarakat dan menjadi penyeimbang harga di pasaran yang relatif tinggi.

"Agar situasi harga yang ada saat ini bisa terkendali. Kita juga berharap para pedagang tidak menaikan harga semaunya. Maka ini perlu kerjasama," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3654770514062515279

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item