Ideologi Pancasila Adalah Suatu Anugrah

pena iklan

Wabup Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero saat menyampaikan arahan plt kepala BPIP, Haryono dalam kegiatan upacara hari lahir pancasila di halaman Setda Kapuas Hulu, Sabtu (1/6)

Penakapuas.com - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar upacara bersama memperingati hari lahir Pancasila di halaman Sekretariat Daerah setempat, Sabtu (1/6). Upacara yang diinspekturi Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L.Ain Pamero, SH ini melibatkan jajaran Forkopimda Kapuas Hulu dan berbagai lembaga lainnya.
Wabup, Anton Pamero membacakan amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono dalam upacara itu. BPIP menekankan bahwa Pancasila sebagai sebuah anugrah bagi bangsa Indonesia. "Pancasila sebagai ideologi negara adalah anugrah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa. Walau pun kita sebagai bangsa belum bisa merealisasikan secara sempurna nilai-nilai pancasila, kita akui Indonesia baik sebagai bangsa dan Negara masih bertahan hingga saat ini berkat Pancasila," baca Wabup.
Sesuai dengan pesan presiden Jokowi, memperingati dan meryakan hari lahir Pancasila pada 1 juni adalah keniscayaan. "Kita mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat menyatu menjadi satu bangsa," ujar Wabup.
Sebagai bangsa yang besar, kata Wabup, semua pihak tidak boleh meninggalkan sejarah, seperti dikatakan Bung Tomo sebagai "jas merah". "Untuk itu kita memperingati hari lahir pancasila sebagai kebanggaan Nasional," tuturnya.
Wabup menjelaskan bahwa hari lahir Pancasila bukan hal yang terpisah dari Piagam Jakarta yang dibuat oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. "Perdebatan tentang pancasila jangan dipermasalahkan lagi, tugas kita selanjutnya adalah amalkan Pancasila secara terus menerus. Pancasila sebagai bintang penuntun visi misi negara yang memberi orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. "Indonesia untuk kita semua dan pancasila rumah kita semua," tegasnya.
Wabup menegaskan Pancasila perlu dijadikan sebagai inspirasi politik harapan. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bagi bangsa Indonesia. "Kita Indonesia, Kita Pancasila," tuntas Wabup. (nes)
Advertisement

Related

Berita 8627797772109643361

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item