BPOM Pontianak Cek Makanan di Pasar Juadah Putussibau

pena iklan

Penakapuas.com- Dalam rangka melindungi masyarakat dan menjamin keamanan/mutu produk pangan yang beredar, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar Mobile Laboratorium Keliling untuk pengawasan makanan berbuka puasa/juadah dibeberapa lokasi Pondok Ramadhan wilayah Putussibau, Selasa (14/5) sore.

Yanuarti Kabid Pengujian BPOM Pontianak yang memimpin langsung kegiatan tersebut menyampaikan, tujuan pengawasan itu supaya masyarakat yang mengkonsumsi juadah Ramadhan tersebut bisa aman dari bahan berbahaya yang disalahgunakan pada pangan.

"Maka kita harapkan produk yang dijual selain aman, juga bermutu, bergizi dan diproses dengan cara hieginis," katanya di lokasi Pondok Ramadhan kawasan Masjid Agung Putussibau.

Seperti diketahui, saat ini banyak pedagang baru bermunculan. Kemudian produk makanan yang jarang dijumpai juga tersedia di bulan Ramadhan.

"Karena itu, kita perlu melakukan pengawasan, seandainya ditemukan mengandung bahan berbahaya, kita punya teskit yang kita uji disini," ujarnya. 

Yuniarti berharap, seluruh produk makanan dan minuman yang dijual di pasar juadah ramadhan tersebut tidak mengandung bahan berbahaya, seperti penggunaan zat pewarna yang tidak dikhususkan untuk makanan, karena sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi oleh masyarakat.

Yuniarti juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Kapuas Hulu atas respon baik terhadap kegiatan pengawasan yang dilaksanakan bersama lintas sektor itu.

"Tujuan kita disini mengawasi, khususnya bagi masyarakat Kapuas Hulu. Supaya masyarakat aman mengkonsumsi makanan yang aman disantap pada saat berbuka puasa," ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan mereka lebih kepada pembinaan kepada para pedagang.

"Kalau ada ditemukan produk berbahaya, tentu kita edukasi, bina bersama lintas sektor yang ada di Kapuas Hulu, karena ada Dinas Kesehatan dan Disperindag," tegasnyai. 

Tampak hadir jajaran Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu dan Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu. (fiq) 

Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item