2.239 Warga Kapuas Hulu Terima BSPS

pena iklan

Penakapuas.com- Ditjen Penyediaan Perumahan dalam hal ini Pejabat Pembuat Komitmen BSPS 2019 yakniRahmat, S.T., M.M., difasiltasi dan berkerja sama Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kapuas Hulu melakukan sosialisasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada Kapala desa dan Camat penerima bantuan dan pihak lainnya, di aula Bank Kalbar Putussibau, Senin (21/5). 

Ambrosius Sadau Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, ada 1.945 bantuan rumah yang diusulkan ke Pemerintah Pusat. Namun dalam perjalanan,  Kapuas Hulu juga mendapatkan dukungan dari salah anggota DPR- RI asal Kalbar, dimana yang bersangkutan melalui aspirasinya memperjuangkan  program BSPS stragis sebanyak seribu lebih. 

"Jadi jumlah BSPS tahun 2019 ini,  kita mendapatkan 2.239 unit yang tersebar pada 72 desa 8 kecamatan, " katanya. 

Dengan banyaknya jumlah BSPS yang didapatkan Kapuas Hulu tahun ini, mewakili Pemkab Kapuas Hulu, dirinya mengucapkan terima kasih atas pemerintah pusat yang sudah mengalirkan dana ke Bumi Uncak Kapuas. 

"Jika saya hitung-hitung, jumlah dana yang masuk ke Kapuas Hulu kurang lebih Rp40 miliar," ujarnya.  

Maka dari itu Sadau mengharapkan, agar program BSPS ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada masalah apapun. "Saya tegaskan dalam BSPS ini, tidak ada sama sekali yang namanya pungutan apapun kepada penerima bantuan, " tegasnya. 

Sementara itu Syarif Usmardan Ketua Tim Teknis BSPS Tingkat Kabupaten mengatakan, BSPS tahun 2019 ini Kapuas Hulu mendapatkan BSPS jumlah begitu banyak ketimbang tahun 2018 kemarin. Dimana pada tahun lalu hanya 700 unit, sementara  tahun ini hampir 2.300 unit. 

"2.300 unit ini merupakan proses usulan dari  kita, maupun dari anggota dewan, baik itu dewan Kabupaten maupun dewan tingkat pusat," ujarnya. 

Syarif Usmardan menjelaskan lebih lanjut, untuk bantuan ini, Kapuas Hulu mendapatkan BSPS reguler sebanyak  1.059 unit,  sementara BSPS strategis 1.180 unit.

"Di tahun ini pelaksanaanya lebih rumit dan sulit, baik itu dari waktu dan jumlah yang begitu banyak. Belum lagi lokasi yang mendapatkan program tersebut cukup sulit," ujarnya. 

Maka dari itu ia berharap kepada Camat maupun Kades agar dapat mengsukseskan program BSPS ini, karena Kapuas Hulu sudah dipercaya untuk mengelola program ini.

"Begitu juga dengan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) agar dapat bekerja secara profesional dan proporsional," tegasnya. 

Sementara itu  Rahmat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BSPS Reguler 2019 mengatakan,  program BSPS merupakan salah satu program Kementerian Perumahan dan permukiman untuk mengatasi permasalahan rumah tidak layak huni dengan melibatkan partisipasi dan keswadayaan masyarakat penerima bantuan.

Penerima bantuan adalah masyarakat yang rumahnya tidak layak huni dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding dalam memenuhi kriteria keselamatan bangunan, pemenuhan luas ruang dan kesehatan bagi penghuni.

"Salah satu syarat penerima bantuan adalah masyarakat berpenghasilan rendah yang menguasai tanah rumah yang akan dibangun” pungkasnya.(fiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8086214926624720327

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item