Terlalu Banyak Surat Suara, Bupati Bingung Salurkan Hak Pilih

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com Dengan mengenakan kemeja putih, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir didampingi istrinya Ny Erlinawati Nasir menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 006 Kelurahan Putussibau Kota Kecamatan Putussibau Utara, Rabu (17/4). 

Saat ditemui wartawan, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengatakan, dalam Pemilu 2019 kali ini cukup membuat dirinya bingung. Soalnya banyak surat suara sehingga dirinya bingung untuk menyalurkan hak pilihnya. "Kita saja yang pandai membaca terkadang masih salah untuk melakukan pencoblosan, apalagi masyarakat awam," katanya. 

Bupati mengatakan, kebingungan yang dirasakan bukan hanya dalam banyaknya surat suara yang mesti dicoblos, namun juga dalam pelipatan surat suara didalam bilik juga mesti hati -hati karena bisa membuat bentuk surat suara tersebut menjadi hilang jika salah melipatnya. 

"Tapi saya yakinlah masyarakat kita dalam mencoblos tidak banyak yang salah,"ujarnya. 

Ditambahkan Rudi warga Putussibau juga mengaku bingung dalam menyalurkan hak pilihnya karena jumlah surat suara dinilai banyak dan nama Caleg pun ada ratusan nama di dalam surat suara.

"Kita bingung untuk mencoblos karena jumlah surat suara yang ada lima dan ada ratusan nama di dalamnya," ungkapnya. 

Ia mengatakan, guna menyalurkan hak pilih terpaksa menghabiskan waktu untuk mengamati nama-nama Caleg di papan yang memasang contoh surat suara TPS.

Dirinya mengaku, ada beberapa nama dan foto yang selama ini diperlihatkan saat sosialisasi dengan yang terpampan di surat suara.

"Khusus Pemilihan DPRD kabupaten, surat suara yang ditampilkan diluar TPS itu ada foto orangnya. Namun ketika surat suara yang akan dicoblos tidak memunculkan foto. Ini yang membuat masyarakat awam bingung untuk memilih,"pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1675785990918164538

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item