Bawaslu KH Siapkan Langkah Antisipasi Serangan Fajar

pena iklan

Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta'an

Penakapuas.com - Baru-baru ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengungkap kasus korupsi di Jawa Tengah. Dari kasus tersebut KPK mengamankan sejumlah uang yang di indikasi kuat akan digunakan sebagai serangan fajar atau politik uang pada Pemilu 2019. Terkait indikasi adanya upaya money politik tersebut menjadi atensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dari pusat hingga daerah.
Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Musta'an, menuturkan bentuk-bentuk serangan fajar memang menjadi salah satu fokus pengawasan pihaknya. Ia menegaskan sudah ada beberapa langkah yang dipersiapkan untuk mencegah dan menindak tindakan money politik atau serangan fajar dari oknum tertentu. "Langkah pertama yang akan kami lakukan adalah patroli mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa dusun hingga tempat pemungutan suara nanti. Ini akan kami lakukan seminggu sebelum pemilu hingga saat hari pencoblosan," tegas Musta'an, Senin (1/4).
Langkah berikutnya, kata Musta'an, pihaknya sudah memetakan lokasi rawan money politik. Selain itu akses-akses yang kemungkinan besar dipergunakan oleh oknum-oknum tertentu juga telah didata oleh petugas Bawaslu Kapuas Hulu. "Upaya mencegah money politik ini sudah kami upayakan dengan ketat. Pintu masuk desa, persimpangan, pelabuhan dan penyeberangan serta akses-akses lain yang dapat dimanfaatkan untuk bentuk-bentuk pelanggaran pemilu sudah kami data, selanjutnya akan kami awasi," ucapnya.
Musta'an juga menegaskan selain pengawasan dan pendataan lokasi rawan, pihaknya telah melakukan upaya peringatan melalui penyebaran brosur-brosur dan pamplet. Dalam brosur dan pamplate tersebut dimuat tentang larangan money politik dan sangsi pidananya. "Larangan money politik tersebut termuat dalam pasal 280 dan sangsinya termuat dalam pasal 523 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Ada sangsi pidana 2 sampai 4 tahun dan denda hingga Rp 48 juta," ujar Musta'an. (nes)
Advertisement

Related

Berita 8611098817232897693

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item