76 Napi Ikut Nyoblos Pemilu 2019

pena iklan

Penakapuas.com- Sebagian Nara Pidana (Napi) di Rutan Kelas IIB Putussibau ikut mencoblos pada Pemilu 2019, Rabu (17/4). Setidaknya ada 76 Napi yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di TPS Rutan Putussibau.

Mulyoko Kepala Rutan Kelas IIB Putussibau mengatakan, saat pendataan pemilih untuk Pemilu 2019 di bulan Januari lalu penghuni Rutan Putussibau awalnya berjumlah 150an orang. Kemudian pada proses akhir pendataan di April ini, jadi 146 orang. "Jumlah penghuni berkurang karena ada yang keluar," katanya. 

Dari jumlah 146 itu, kata Mulyoko, setelah didata hanya 76 saja yang masuk DPTb. Dari 76 calon pemilih ini mendapat jumlah surat suara yang bervariasi, sesuai dengan alamat KTP nya. "Jadi mereka itu beda-beda, ada yang 27 orang itu dapat lima jenis surat suara. Ada yg hanya dapat surat suara Presiden dan DPD saja. Itu karena alamat KTP mereka," ucapnya. 

Lanjut Mulyoko, perlakuan bagi calon pemilih di TPS Rutan tentu berbeda dengan calon pemilih di TPS umum. Kalau di TPS umum calon pemilih ditempat terbuka, sedangkan di Rutan harus disiapkan tempat khusus karena pertimbangan faktor keamanan Rutan. "Jadi di Rutan ini calon pemilih kami buat pos blok, kemudian mereka dipanggil ke TPS per 4 orang. Kami lakukan begini karena petugas kami tidak banyak untuk pengamanan," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4995852501839085908

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item