1.761 Sertifikat Warga Transmigrasi di Kapuas Hulu Akan Dibagikan

pena iklan

Penakapuas.com- Penantian warga Transmigrasi yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu untuk mendapatkan sertifikat atas lahan yang mereka tempati selama ini akan berakhir. Pasalnya tahun ini Pemkab Kapuas Hulu akan menerbitkan sertifikat lahan milik warga transmigrasi dan tak lama akan diserahkan kepada mereka. 

"Untuk tahun ini kita akan menerbitkan sebanyak 1.761 bidang. Untuk warga transmigrasi di Nanga Kalis sebanyak 660 bidang, Desa Mujan Kecamatan Boyan Tanjung 603 bidang, Desa Nanga Ret Boyan Tanjung 450 bidang dan sisanya lahan fasilitas umum," kata  Windarta Kabid Perdagangan Disnaker Perindustrian dan Transmigrasi Kapuas Hulu, Senin (28/4).  

Windarta mengatakan, lahan milik warga transmigrasi tersebut bisa terbit sertifikatnya berkat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kapuas Hulu. 

"Karena selama ini, mereka menempati lahan yang ada. tidak ada satu pun warga transmigrasi lahannya sudah memiliki sertifikat," ujarnya. 

Windarta mengungkapkan, meskipun 1.761 bidang ini sertifikatnya akan diserahkan, namun masih banyak warga transmigrasi menunggu lahannya untuk disertifikat. Seperti di Nanga Kalis ada 150 bidang yang belum besertifikat,  di Desa Suka Maju Mentebah 1.200 bidang, Desa Kepala Burung Mentebah 1.200 bidang. 

"Memang lahan warga transmigrasi yang ada ini belum bisa disertifikat karena berbagai alasan diantaranya lokasi mereka masuk kawasan hutan, ada arealnya terindikasi gambut sehingga perlu pelepasan dari lahan gambut. Namun ini sudah kami urus," ujarnya. 

Windarta pun berharap dengan diserahkanya sertifikat milik warga transmigrasi ini, tentunya mereka sudah ada kepastian hukum terhadap lahan yang mereka tempati. 

"Selain itu dengan dimilikinya sertifikat, warga transmigrasi bisa meningkatkan  kesejahteraan perekonomian mereka. Yang jelas mereka lebih tenang saat ini," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7050458934102131868

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item