Tak Aktif, Ratusan Koperasi di Kapuas Hulu Akan Dibubarkan

pena iklan

Penakapuas.com- Dari 263 koperasi yang ada di Kapuas Hulu, ditemukan 156 koperasi dinyatakan sudah tidak aktif kembali. Tidak aktifnya 156 koperasi ini karena tidak ada lagi kegiatan usahanya serta tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan. 

"Jadi tinggal 107 koperasi saja yang aktif, kami ada rencana untuk melakukan pembubaran koperasi yang tidak aktif tersebut," kata Herkulanus Sanum Kasi Kelembagaan Koperasi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kapuas Hulu, Senin (1/4). 

Sanum mengatakan, koperasi yang tidak aktif ini berbagai bidang mulai dari koperasi simpan pinjam, sembako, pengelolaan ikan dan lainnya. Namun ada juga koperasi yang berkembang dan membentuk usaha lainnya seperti Koperasi Unit Desa, Koperasi Perkebunan Sawit, Koperasi Kredit CU maupun KSP.

"Koperasi yang berkembang ini selalu melakukan wajib lapor tiap bulan, mulai dari laporan perkembangan usahanya, kelembagaannya sekaligus permodalan mereka," ujarnya.  

Lanjut Sanum, pengawasan terhadap koperasi di Kapuas Hulu selalu mereka lakukan, bahkan pihaknya turun langsung melihat keberlangsungan koperasi tersebut. "Apalagi tahun 2019 ini akan ada pemeriksaan kepada koperasi yang aktif," ucapnya. 

Selain pengawasan, kata Sanum, pihaknya kerap melakukan pembinaan kelembangaan dan pengawasan koperasi dengan memberikan penyuluhan kepada koperasi. 

"Kita berharap bagaimana koperasi itu dapat berkembang dan tidak hanya mengandalkan satu bidang usahanya sehingga dapat mengsejahterakan anggotanya," katanya. 

Selain itu Sanum mengingatkan kepada masyarakat agar dapat lebih berhati-hati terhadap koperasi yang sifatnya simpan pinjam. Pasalnya mereka sudah pernah menemukan koperasi simpan pinjam bodong dimana koperasi ini memberikan pinjaman kepada masyarakat, masyarakat tersebut tidak didaftarkannya sebagai anggotanya. 

"Kemarin itu ada koperasi bodong dari.Sanggau dan Pontianak yang melakukan hal tersebut. Mereka memberikan pinjaman uang secara harian kepada masyarakat, namun tidak mendaftarkan masyarakat tersebut kedalam anggotanya," pungkasnya. (fiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5804491074720843897

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item