Miris, Satu Pelajar di Kapuas Hulu Terinfeksi HIV AIDS

pena iklan

Penakapuas.com- Di Kapuas Hulu ditemukan satu pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) terinfeksi penyakit mematikan yakni HIV AIDS. "Anak ini sudah dipindahkan dari sekolah asalnya," kata Petrus Kusnadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu kemarin. 

Petrus mengatakan, diketahuinya anak ini positif mengidap HIV AIDS, ketika pihaknya mendapatkan laporan dari pihak rumah sakit dan diketahui juga bahwa riwayat orang tua anak ini juga mengidap penyakit ini. 

"Ibunya belum lama ini juga meninggal karena penyakit mematikan ini," ucapnya. 

Melihat penderita HIV AIDS ini masih bersekolah, pihaknya tetap menjamin hak siswa yang terinfeksi HIV/AIDS salah satunya di bidang pendidikan. Soalnya anak tersebut hanya menjadi korban sehingga akhirnya terinfeksi virus itu.

"Kondisi anak ini menjadi tanggung jawab bersama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak menjauhi korban. Saya akan berupaya agar anak tersebut tetap memiliki hak pendidikan seperti anak - anak lainnya," jelasnya. 

Upaya yang akan dilakukan Dinas pendidikan diantaranya mendatangi pihak sekolah dan memberikan pemahaman, bagaimana pun itu masih bisa ditangani.

"Jangan sampai sekolah menolak anak tersebut, tetapi saya akan tegaskan ke pihak sekolah agar anak itu tetap mengenyam pendidikan. Anak itu masih bisa hidup normal dan kita harus berikan pemahaman juga ke masyarakat," harapnya. 

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan demi kemanusiaan anak tersebut harus mendapat hak pendidikan.

"Itu masih anak dibawah umur hanya korban dan jangan dijauhi, pihak sekolah juga harus paham hak pendidikannya harus tetap diberikan," katanya.

Sementara itu Harisson Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu menegaskan bahwa penyakit HIV AIDS ini tidak menular jika hanya berjabat tangan dengan penderita, sehingga masyarakat tidak perlu menjauhinya. 

"Penyakit tersebut bisa menular dengan cara hubungan seksual bebas, jarum yang tidak steril dan berbagai cara lainnya," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Berita 7587904642534318257

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item