Kejari Kapuas Hulu Deklarasi Integritas WBK dan WBBM

pena iklan

Penakapuas.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas Hulu menggelar deklarasi pencanangan Zona Integritas (ZI) menuju Kawasan Bebas Korupsi  (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Selasa (26/3)

Deklarasi yang berlangsung di Aula Kantor Kejari setempat dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero, jajaran Forkopimda, instansi vertikal, perbankan, tokoh masyarakat, LSM, tokoh adat dan undangan lainnya.

Kepala Kajari Kapuas Hulu Slamet Riyanto mengatakan, pemerintah menetapkan tiga target utama perubahan, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

"Pelaksanaan program reformasi birokrasi pada unit kerja diwujudkan dalam upaya pembangunan zona integritas," katanya.

Slamet mengatakan, dalam pelaksanaan program pembangunan zona integritas WBK dan WBBM memiliki sasaran pada 6 (enam) area perubahan, diantaranya manajemen perubahan, penguatan ketatalaksanaan, penguatan sistem manajemen SDM, penguatan sistem pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Keberhasilan pembangunan zona integritas WBK dan WBBM dilingkungan Kejari Kapuas Hulu tidak lepas dari kerjasama dan dukungan seluruh unsur Forkopimda yang semuanya memiliki kesamaan dalam orientasi memberikan pelayanan publik kepada masyarakat luas," ujarnya. 

Kajari mengharapkan, pencanangan ZI, WBK dan WBBM ini hendaknya bukan hanya dijadikan acara seremonial, namun harus diimplementasikan dengan program kerja nyata melalui berbagai kreasi dan inovasi. 

"Kejari Kapuas Hulu sebagai salah satu lembaga penegak hukum, telah melakukan beberapa terobosan, agar menghasilkan pelayanan terbaik bagi masyarakat maupun stakeholder," tegasnya.

Terobosan yang disebutkan Kajari Slamet Riyanto ini diantaranya pengembangan website mandiri, sistem terpadu berbasis layanan informasi daerah Kapuas Hulu serta membangun dan merevitalisasi fungsi pelayanan hukum kepada masyarakat.

"Untuk penguatan fungsi pengawasan, Kejari Kapuas Hulu telah memasang kamera pemantau yang dapat merekam secara audio visual dan terhubung langsung dengan ruang pimpinan," jelasnya. .

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dalam melakukan pengawasan yang ketat serta supervisi yang dilakukan secara berjenjang. "Sehingga diharapkan dapat mencegah atau meminimalisir celah penyimpangan," imbuhnya.

Maka Slamet mengajak seluruh seluruh pegawai Kejari Kapuas Hulu mulai dari diri sendiri dan hal yang kecil untuk selalu meningkatkan kinerja bersama-sama meningkatkan pelayanan publik.

"Apa yang sudah dan akan terus dilakukan Kejari Kapuas Hulu tentu tidak terlepas dari kekurangan di sana-sini. Kami pun menyadari bahwa diperlukan dukungan dari stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut Wabup Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero mengatakan, komitmen menjalankan dalam penerapan reformasi birokrasi ini menjadi langkah untuk melaksanakan pelayanan publik secara profesional.

"Zona integritas ini untuk mewujudkan pemerintah yang bersih dan peningkatan pelayanan publik, setiap instansi perlu membangun pilot projec sebagai langkah konkrit," katanya. 

Wabup apresiasi bahwa di Kabupaten Kapuas Hulu, penanganan korupsi menunjukan hasil yang menggembirakan, karena dalam LHP BPK RI, Kapuas Hulu bisa meraih predikat WTP.

"Ini perlu diperkuat melalui zona integritas pada instansi pemerintah. Pemkab Kapuas Hulu menyambut baik dan memberikan dukungan kepada Kejari Kapuas Hulu melalui kegiatan hari ini," ungkapnya. 

Melalui pencanangan zona integritas WBK dan WBBM ini menunjukan Kejari Kapuas Hulu komitmen dalam melakukan perubahan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

Oleh karenanya, Wabup berharap pula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi vertikal yang berkedudukan di Kapuas Hulu agar terus mendorong jajarannya dalam melaksanakan reformasi birokrasi ini. 

"Ciptakan inovasi yang mendukung peningkatan pelayanan publik," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2713989889252372987

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item