Kapuas Hulu Dapat DAK 225 Juta Pengadaan Buku

pena iklan

Penakapuas.com- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kapuas Hulu mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp225 juta untuk pengadaan buku tahun 2019. 

Pengadaan buku ini diprioritaskan kepada anak-anak kategori fiksi seperti cerita anak-anak, Cerpen maupun buku berupa ilmu pengetahuan dan lain-lain. 

"Rencananya pengadaan buku ini menggunakan sistem e-Katalog," kata Muhtarudin Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kapuas Hulu, belum lama ini. 

Muhtarudin mengatakan, untuk mengantisipasi penambahan buku nanti, pihaknya pun tahun ini sudah melakukan penambahan rak buku, kemudian mengangarkan dana pembuatan meja dan kursi untuk memudahkan masyarakat membaca. 

"Dengan adanya pengadaan buku ini, kita berharap supaya minat membaca masyarakat lebih meningkat," ucapnya.  

Makanya kata Muhtarudin, dengan bertambahnya koleksi buku di perpustakaan yang ada, dirinya berharap masyarakat untuk bisa hadir membaca buku yang ada. 

 "Yang hadir di perpustakaan itu dalam  satu hari bisa mencapai 20-40 orang. Kalau diliat jumlahnya minat baca masyarakat Kapuas Hulu masih kurang," ujarnya. 

Maka dari itu untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kapuas Hulu, pihaknya mulai melakukan promosi baik itu melalui website dan radio bahwa Kapuas Hulu sudah ada perpustakaan. Selain itu untuk meningkatkan minat baca dikecamatan pihaknya selalu mengadakan lomba perpustakaan desa, lomba bercerita dan ada perpustakaan keliling dengan menggunakan dua mobil. 

"Kemudian kita juga mendapatkan bantuan buku dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat pada tahun 2018 lalu sebanyak  11 paket," pungkasnya. (fiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6958085278544421793

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item