1500 Pelanggan PLN Putussibau Menunggak Tagihan Listrik

pena iklan

Penakapuas.com- Berdasarkan data PLN Putussibau, ada1.500 pelanggan listrik di Kapuas Hulu menunggak pembayaran tagihan rekening listriknya. Mereka pelanggan umum dari berbagai latar belakang ekonomi. 

Pelanggan listrik yang paling banyak menunggak adalah diatas tiga bulan, sehingga pihak PLN Putussibau melakukan pemutusan arus listrik maupun pembongkaran rampung terhadap listrik milik pelanggan yang bersangkutan. 

"Kalau menunggaknya dibawah dua bulan saja, kami hanya melakukan pemutusan sementara. Untuk penunggakan listrik diatas tiga bulan, terpaksa kita bongkar rampung. Kalau yang bersangkutan ingin memasangnya kembali, dia harus melunasi tunggakan listrik sebelumnya," kata Ibnu Manager PLN Putussibau, Kamis (21/3). 

Ibnu mengatakan, setiap hari pihaknya ada melakukan pemutusan listrik pelanggan yang menunggak pembayaran. Paling tidak ada lima pelanggan listrik yang menunggak pembayaran selalu dibongkar pihaknya. 

"Sehingga sering terjadi perselisihan dilapangan ketika kami melakukan pemutusan maupun pembongkaran listrik pelanggan," ucapnya. 

Ibnu menegaskan, pemutusan atau pembongkaran rampung listrik pelanggan yang menunggak akan terus dilakukan pihaknya. Bahkan nantinya  akan dilakukan pemutusan gabungan terhadap pelanggan listrik yang menunggu." Pemutusan gabungan ini  sedang dijadwalkan, kami akan melibatkan tenaga listrik dari unit kami yakni Sanggau," jelasnya. 

Lanjut Ibnu, untuk jumlah tunggakan listrik di Kapuas Hulu dengan jumlah 1.500 pelanggan yang melakukan penunggakan, diperkirakan jumlahnya mencapai Rp1 miliar.  

"Sebenarnya jika masyarakat rutin dan tidak menunggak pembayaran listrik, tentunya akan bisa menambah PAD Kapuas Hulu," ujarnya. 

Maka untuk itu Ibnu mengimbau, agar para pelanggan membayar tagihan rekening listrik tepat waktu. Hal itu mutlak untuk menghindari terjadinya tunggakan yang akhirnya akan dilakukan pemutusan.

"Saya mengajak masyarakat agar tepat waktu membayar tagihan rekening listrik. Sekali lagi kami imbau agar melakukan pembayaran rekening liatrik tepat waktu,” katanya.

Sambungnya, pihaknya berkomitmen memberikan pelayan terbaik terutama dalam menjaga jaringan listrik agar tidak terputus ke pelanggan. Pasalnya, cuaca buruk saat ini menjadi salah satu penyebab jaringan yang rusak.“Cuaca saat ini sedang tidak bersahabat, tapi petugas dilapangan tetap standby untuk melihat apakah ada jaringan yang rusak atau tidak. Jika ada yang rusak tentunya segera di perbaiki. Adapun kendala kerusakan jaringan tersebut bisa dikarenakan tangkai pohon yang tumbang," pungkasnya. (fiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8333595834642777740

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item