Wabup Yakin BUMD Akan Berkembang

pena iklan

Penakapuas.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu masih berkeyakinan terhadap sejumlah unit usaha atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada saat ini memberikan kontribusi untuk peningkatan pendapatan daerah.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero menjelaskan, setiap unit usaha didirikan pasti punya tujuan masing - masing. Ada yang memang tujuannya murni untuk mendatangkan bonefit atau keuntungan, ada pula yang bersifat sosial untuk kepentingan masyarakat.

"Namanya unit usaha keuntungan itu pasti, tetapi disisi lain kita jangan melupakan perhatian kepada masyarakat," katanya, belum lama ini. 

Saat ini Pemkab Kapuas Hulu mengelola beberapa BUMD, selain PDAM ada PT. Uncak Kapuas Mandiri Kapuas Hulu (UKMKH) dan PD. Uncak Kapuas. Untuk keberlangsungan unit usaha, Pemkab Kapuas Hulu sudah menyertakan modal terhadap BUMD tersebut.

"Dalam rapat umum pemegang saham, itu ada pertanggungjawabannya. Kita didalam usaha tidak semua untuk mendapat keuntungan, tapi ada juga yang bersifat sosial. Maka kita harus pisahkan, mana yang harus memperhatikan kepentingan sosial mana yang harus mendapatkan keuntungan," jelasnya. 

Oleh karena itu, kata Wabup dalam Pertanggungjawaban pengurus baik itu PT. UKM KH maupun PD. Uncak Kapuas untuk tahap awal ini masih banyak mengeluarkan biaya-biaya operasional.

"Tetapi secara bertahap kami melihat salah satu contoh penginapan baik itu Penginapan Rindu Kapuas maupun yang ada di Badau yang dikelola PD. Uncak Kapuas itu sudah memberikan kontribusi bagi daerah," paparnya. 

Begitu juga PT. UKM memiliki banyak unit usaha, salah satunya BBM (Bahan Bakar Minyak) yang memang masih banyak kekurangan, seperti kendaraan untuk mobilisasi transportasi angkutan. "Itu yang saat ini masih kita usahakan," ucapnya. 

Wabup menjelaskan, kehadiran unit usaha Bahan Bakar Minyak tersebut telah memberi dampak signifikan terhadap harga dan pasokan BBM di Kapuas Hulu.

"Itu bisa menetralisir harga yang selama ini di Kabupaten Kapuas Hulu khususnya ditingkat pengecer mahal," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8983337432417676958

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item