Pemkab Kapuas Hulu Menang Gugatan di PTUN Pontianak

pena iklan

Penakapuas.com  Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Pontianak menolak gugatan Abang Taufik Direktur PT Citra Bangkit Indonesia. Dimana tahun 2018 Abang Taufiq menggugat Pemkab Kapuas Hulu terhadap hasil pelaksanaan lelang paket pengerjaan Nanga Kantuk-Kayu Baung Kecamatan Empanang yang ada di Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah. Gugatan itu dilakukan karena hasil lelang paket tersebut dianggap janggal. Namun akhirnya Pemkab Kapuas Hulu melalui Jaksa Pengacara Negara Kejari Kapuas Hulu memenangkan gugatan Tata Usaha Negara tersebut. 

Kejari Kapuas Hulu Slamet Riyanto mengatakan, sebelumnya pihaknya sebagai  Jaksa Pengacara Negara (JPN) mendapatkan surat kuasa khusus dari Pemkab Kapuas Hulu diminta untuk menangani masalah ini. 

"Dimana pada ULP itu ada salah satu paket pekerjaan terkait pembangunan jalan Nanga Kantuk- Kayu Baung Kecamatan Empanang, ada salah satu peserta lelang merasa tidak terima dengan hasil lelang tersebut sehingga melakukan PTUN atas dimenangkannya satu peserta lelang lainnya," katanya, Selasa (13/2). 

Slamet menjelaskan, berawal dari gugatan PT Citra Bangkit Indonesia inilah, Pemkab Kapuas Hulu memberikan kuasa kepada Kejari Kapuas Hulu sebagai JPN untuk berpengacara di PTUN Pontianak. "Perkara ini berjalan kurang lebih tiga bulan, dan putusan dari PTUN Pontianak dikeluarkan tanggal 22 Januari 2019 dan putusannya menjelaskan bahwa majelis PTUN Pontianak menolak gugatan dari PT Citra Bangkit Indonesia," jelasnya. 

Lanjut Slamet, amar putusan dari majelis hakim PTUN Pontianak menjelaskan bahwa materi gugatan yang diajukan tergugat salah objek (error in objecto)  majelis hakim menyampaikan putusannya menolak gugatan.

"Oleh karena itu majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan gugatan penggugat tidak diterima dan menghukum penggugat untuk membayar biaya perkara ini sebesar Rp590 ribu. Atas putusan majelis hakim PTUN Pontianak tersebut para pihak masih mempunyai hak terkait dengan upaya hukum," pungkasnya. (fiq) 


Advertisement

Related

Berita 185007537886282963

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item