MPM Kapuas Hulu Dukung Perempuan Melayu Terjun Politik

pena iklan

Penakapuas.com- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Majelis Perempuan Melayu (MPM) Kapuas Hulu mendukung jika ada pengurus perempuan Melayu di Kapuas Hulu ini berpolitik. Pasalnya organisasi ini bukanlah organiasi politik. 

"Kami sangat mendukung jika ada perempuan Melayu yang terjun ke dunia politik," kata Ana Mariana Ketua DPD MPM Kapuas Hulu usai acara pengukuhan DPD MPM Kapuas Hulu, Rabu (20/2).  

Ana menegaskan, organisasi MPM Kapuas Hulu dalam Pemilu 2019 ini mengimbau kepada seluruh anggotanya agar tidak Golput. "Seperti Pilpres nanti, secara khusus kami tidak ada memberikan arahan untuk mencoblos Capres yang mana, kembali ke pribadi masing-masing," ujarnya. 

Namun kata Ana, jika dalam Pemilu 2019 ini, jika ada perempuan Melayu yang mencalonkan diri dalam Pemilu ini baik legislatif, DPD dan lainnya, perempuan melayu akan mendukung itu semua. 

Ana juga menyinggung soal peran perempuan dalam pembangunan, menurutnya kaum perempuan sudah saatnya memanfaatkan ruang yang telah terbuka dengan sebaik-baiknya.

"Peranan wanita dalam pembangunan adalah hak dan kewajiban yang dijalankan oleh wanita pada status atau kedudukan tertentu dalam pembangunan. Baik pembangunan di bidang polilik ekonomi, sosial budaya maupun pembangunan dibidang pertahanan dan keamanan," ujarnya. 

Lanjutnya, ada banyak hal yang bisa diupayakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perempuan, agar dapat berperan secara aktif dalam pembangunan.

Diantaranya adalah sosialisasi secara berkesinambungan, membangun kesepakatan pembangunan pemberdayaan perempuan antara pemerintah, swasta, dan yang terpenting adalah masyarakat itu sendiri.

Ditambahkan Hairiah Ketua DPD MPM Kalbar mengatakan, menyikapi masalah politik saat ini, pihaknya mendukung keterwakilan perempuan untuk terjun ke dunia politik.

"Saat ini Erlinawati Nasir yang juga merupakan pengurus perempuan melayu maju mencalonkan diri ke DPD RI, mari kita dukung beliau,"katanya. 

Dijelaskannya, dengan nantinya adanya keterwakilan perempuan di DPD RI mereka akan dapat menyuarakan suara perempuan melayu di tingkat pusat.

"Peran DPD RI sangat penting utamanya dalam masalah legislasi, penganggaran dan sebagainya," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5840319572136168842

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item