Lahan Cetak Sawah Tidak Boleh Dialihfungsikan

pena iklan

Penakapuas.com- Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kapuas Hulu Abdurasyid mengingatkan kepada para petani yang mendapatkan program cetak sawah dari pemerintah  pusat beberapa tahun yang lalu agar lahannya tidak dialihfungsikan. 

"Karena saya lihat dibeberapa tempat sudah ada yang mengalihkan fungsinya," katanya, Rabu (27/2). 

Pria yang akrab disapa Rasyid ini mengatakan hingga saat ini belum mengambil langkah untuk menegur petani yang mengalihkan lahan cetak sawah menjadi alihfungsi lainnya. Namun yang jelas pihaknya akan menegurnya, karena bagaimana pun nanti dampaknya akan ke petani itu sendiri."Soalnya antara petani dan pemerintah sudah menandatangani kesepakatan agar lahan yang digunakan untuk cetak sawah itu agar tidak dialihfungsikan, soalnya ini berkaitan dengan uang negara," ungkapnya.

Lanjut Rasyid, untuk perkembangan program cetak sawah ini, dari tahun 2018 dan 2019 ini, program cetak sawah yang ditangani TNI sudah dihentikan sementara. "Semua ini tergantung dari pemerintah pusat, lagi pula yang melaksanakan program ini dari TNI. Kita hanya menerima saja," ucapnya. 

Sambung Rasyid, untuk cetak sawah yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dirinya tak menampik ada yang berkembang dan kurang berkembang. Namun bagaimana pun pihaknya tidak lepas tangan, pihaknya tetap memberikan bantuan kepada petani untuk pengembangan program cetak sawah tersebut. 

"Bantuan kita tetap ada, tapikan yang namanya pengembangan cetak sawah ini tidak seperti membalikan telapak tangan karena ini butuh proses," pungkasnya. (fiq) 


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 256267027931135697

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item