Baru 4 Desa Maju di Kapuas Hulu

pena iklan

Penakapuas.com - Kabupaten Kapuas Hulu memiliki 278 desa. Desa - desa di wilayah Bumi Uncak Kapuas ini terus didorong oleh pemerintah agar meningkatkan potensi yang ada untuk menuju desa berkembang, maju hingga mandiri. Pasalnya masih banyak desa yang menyandang status desa tertinggal bahkan sangat tertinggal.

Kepala Dinas Pemberdayaan asyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu Alpiansyah meengatakan, saat ini sudah ada 4 desa maju di Kapuas Hulu, kemudian 25 desa berkembang dan sisanya status desa tertinggal dan sangat tertinggal.

 Alpiansyah menjelaskan, penentuan status desa  tersebut berdasarkan kategori pada Indeks Desa Membangun (IDM) seperti tingkat kemiskinan, kemudahan masyarakat mendapat akses pelayanan dasar dan lainnya.

"Indikatornya ada 50, maka itu yang akan kita rapatkan bersama Bupati, semua OPD akan terlibat, bagaimana kita mendongkrak peningkatan status desa dan kemandirian desa," katanya belum lama ini. 

Dari 4 desa yang berstatus maju itu diantaranya desa Sepandan Kecamatan Batang Lupar, Desa Semangut Utara Kecamatan Bunut Hulu, Desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung dan Desa Miau Merah Kecamatan Silat Hilir.

Dikatakan Alpian, sedikitnya ada 50 point indikator dalam IDM untuk menentukan status suatu desa itu, salah satunya indikator ketahanan sosial, ekonomi dan ekologi. 

Karena keeempat desa itu sudah mampu memenuhi kategori dalam  IDM yang dibuat oleh pemerintah pusat itu, maka 4 desa di Kapuas Hulu masuk dalam status desa maju.

"Maka tahun 2018 kita gelar workshop IDM, karena saya melihat ada kesimpangsiuran data IDM, maka kita memfasilitasi kegiatan tersebut, bersama Kementerian Desa, melalui Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa," jelasnya.

Ditambahkannya, setelah dilakukan fasilitasi dan pembinaan, maka yang dulunya ada sekitar 199 desa sangat tertinggal, sekarang tersisa 125, karena kata Alpian, memang kondisinya seperti itu.

"Kita terus bina desa itu, gunakan Dana Desa untuk membangun meningkatkan status desa. Maka komitmen saya kedepan bagaimana IDM desa di Kapuas Hulu ini bisa meningkat. Kita bersyukur sudah ada 4 desa maju dibanding kabupaten lainnya ada yang baru 1 status desa maju. Bahkan ada yang tidak ada desa maju," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6227186736950732443

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item