PLN Putussibau Beri Dana PJU Ratusan Juta ke Pemkab Kapuas Hulu

pena iklan

Penakapuas.com- PLN Putussibau mengklaim setiap bulan memberikan dana ke Pemkab Kapuas Hulu untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan jumlah ratusan juta setiap bulannya. 

Ibnu Manager PLN Putussibau mengatakan, untuk dana PJU yang diberikan PLN ke daerah itu jumlahnya beda-beda. Sementara itu untuk Kapuas Hulu jumlah dana bagi PJU yang diberikan ini berkisar 10 persen dari setiap pembayaran listrik. 

"Misalnya pembayaran listriknya itu Rp 3 juta, maka 10 persennya untuk PJU," katanya, Rabu, (30/1). 

Ibnu menjelaskan, dana PJU yang diserahkan ke Pemkab Kapuas Hulu melalui Badan Keuangan Daerah. Untuk penggunaan dana PJU yang diberikan tersebut, pihaknya kurang mengetahui realisasinya untuk apa saja. 

"Namun sejauh ini, Pemkab Kapuas Hulu melaksanakan kewajibannya cukup baik," ujarnya. 

Sementara itu Mohd Zaini Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kapuas Hulu mengatakan, untuk rincian dana PJU yang diberikan oleh PLN kepada Pemkab Kapuas Hulu secara perbulan dirinya kurang mengetahui. Namun jika dilihat pada tahun 2018, Pemkab Kapuas Hulu mendapatkan dana PJU dari PLN Putussibau mencapai Rp6,6 miliar. 

"Jumlah tersebut lebih meningkat ketimbang tahun 2017 yang hanya Rp6,03 miliar," ucapnya. 

Zaini menjelaskan, untuk pengelolaan dana PJU dari PLN tersebut digunakan untuk kepentingan umum. Namun dari mereka ada memberikan dana tersebut ke Dinas Perhubungan untuk perbaikan lampu maupun operasional mereka. 

"Untuk tahun 2019 dengan dana ini, kami masukan pembangunan jalan ke arah PLN sekarang," ucapnya. 

Lanjut Zaini, dana PJU dari PLN Putussibau bisa digunakan untuk perbaikan lampu maupun lainnya, tanpa melihat status jalan. "Meskipun status jalan tersebut jalan nasional maupun provinsi, kalau masalah penerangan selama masih berada wilayah kita, tetap kita tangani," katanya. 

Selain itu kata Zaini, kedepan penanganan PJU yang menggunakan tenaga surya, jika mengalami kerusakan dan sebagainya, mereka juga akan berupaya melakukan penanganan. 

"Begitu juga dengan PJU yang ada di desa-desa, sebenarnya jika ada permasalahan harus diakomodir. Namun dengan keterbatasan dana, kami jadi sulit," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5363076396326954513

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item