Kerja Luar Negeri, TKI Wajib Tunjukkan Surat Disnaker

pena iklan

Penakapuas.com- Sedikitnya ada 45 TKI asal Indonesia terpaksa tertunda keberangakatannya untuk mengadu nasib keluar negeri (Malaysia). Hal ini dikarenakan Imigrasi Kelas III Putussibau menunda untuk menerbitkan paspor mereka dengan alasan syarat yang tidak lengkap. 

Angga Kasubsi Teknologi informasi, Intelijen dan Penindakan Kemigrasi Imigrasi Kelas III Putussibau mengatakan, ketika pihaknya melakukan pendalaman kepada 45 orang ini, mereka ketahuan bahwa keberangkatan mereka bukanlah untuk berwisata melainkan bekerja. 

"Rata-rata mereka yang kami tunda penerbitan paspornya ini berusia 20-27 tahun," katanya, Kamis (3/1). 

Angga menjelaskan, penundaan penerbitan paspor bagi 45 orang tersebut akan terus dilakukan hingga mereka mampu menunjukan syarat yang diinginkan oleh pihaknya. "Kalau mereka sudah melampirkan surat pernyataan dari keluarga, rekomendasi desa dan rekomendasi dari Disnaker karena ini wajib bagi mereka yang ingin bekerja di luar negeri," ujarnya. 

Lanjut Angga, dengan adanya surat dari Dinas Tenaga Kerja, minimal Pemkab Kapuas Hulu itu tahu jika ada masyarakatnya bekerja diluar negeri.

"Kebijakan seperti ini sudah lama, bahkan jika kita mengikuti aturan yang sebenarnya, kita bisa saja mengalihkan masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri itu buat paspornya di kantor Imigrasi Sambas dan Entikong yang sudah ada layanan terpadu satu atap disana.Tapi itu tidak mungkin kita lakukan," jelasnya. 

Maka dari itu ia sangat mengharapkan agar Kabupaten Kapuas Hulu ada BNP2TKI nya untuk melayani masyarakat yang membuat paspor dan bekerja keluar negeri. 

"Dengan adanya BNP2TKI ini kita bisa melayani masyarakat Kapuas Hulu yang ingin bekerja keluar negeri. "Sehingga ketika ada BNP2TKI maka imigrasi kita ini sama dengan yang ada di.Sambas maupun Sanggau, karena sudah ada pelayanan satu atap," pungkasnya. (fiq) 

 


Advertisement

Related

Berita 4871350994668931958

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item