Gubernur Ingatkan Bupati Jangan Beri Izin Dokter Spesialis Pindah

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji mengingatkan kepada Bupati Kabupaten Kota untuk tidak memberikan izin pindah kepada dokter spesialis yang akan mengajukan pindah, mengingat di Kalbar ini sangat kekurangan dokter. 

Sutarmidji menilai dokter spesialis sangat dibutuhkan di daerah-daerah yang ada di Kalbar. Sehingga pelayanan kesehatan itu meningkat. "Sebab itu saya juga meminta pak Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir untuk jangan acc dokter spesialis yang minta pindah," katanya saat kunjungan kerja di Semitau kemarin. 

Namun meskipun melarang para Bupati Kabupaten Kota agar tidak memberikan izin pindah kepada dokter spesialis, tetapi dirinya mengharapkan agar pemerintah Kabupaten Kota memperhatikan kesejahteraan dokter spesialis. Agar para dokter tersebut betah di daerah untuk melayani masyarakat. "Yang ideal itu, Pemerintah Daerah harus memberikan pendapatan bagi dokter spesialis diatas Rp 30 juta. Baru dia akan berikan pelayanan yang bersahabat," ujarnya.

Menyikapi pernyataan Gubernur, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan,  dirinya setuju terhadap hal tersebut. Untuk itu dirinya akan lebih selektif dalam memindah tugaskan para dokter. "Pindah tugas tentu ada beberapa alasan, apabila itu untuk karir dan sudah sesuai dengan aturan. Hal tersebut tentu tidak masalah," paparnya.

Bila ada dokter, bidan atau pun guru ASN dari luar yang mau pindah ke Kapuas Hulu, Bupati Nasir menegaskan itu akan langsung disetujui. "Kalau ASN dari luar baik itu tenaga medis dokter, bidan atau guru, hari itu masuk suratnya maka hari itu juga akan diterima. Tapi kalau untuk minta pindah keluar, nanti dulu. Karena kita ini kurang tenaga medis dan guru," tegasnya.

Terkait kesejahteraan dokter, Bupati menegaskan pihaknya sudah berupaya memberikan fasilitas, gaji serta tunjangan yang memadai. Untuk tahun 2019 ini, pemberian tunjangan bagi dokter spesialis itu sebesar Rp 30 juta. "Kami ingin agar masyarakat itu dilayani dengan baik, untuk itu kami meberikan tunjangan sebesar Rp 30 juta itu. Tujuan lainnya juga agar para dokter betah di Kapuas Hulu," pungkasnya. (fiq) 

Advertisement

Related

Berita 6429190502885189969

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item