BKPSDM Kapuas Hulu Bantah Seleksi CPNS 2017 Fiktif

pena iklan

Penakapuas.com- Tahun 2017 lalu Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas Hulu mengangarkan dana sebesar Rp260 juta untuk program seleksi penerimaan calon PNS. Padahal di tahun tersebut di Kapuas Hulu tidak ada penerimaan CPNS, sehingga dana yang dianggarkan tersebut diduga fiktif oleh kalangan masyarakat. Pasalnya ditahun tersebut penerimaan CPNS untuk formasi umum tidak pernah ada. Namun dari BKPSDM Kapuas Hulu membantah jika kegiatan tersebut dianggap fiktif. 

Erwin Kabid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kabupaten Kapuas Hulu menjelaskan bahwa pada tahun 2017 tersebut ada penerimaan pegawai dari Pemerintah Pusat di Kementrian Pendidikan yakni Guru Garis Depan (GGD), kemudian di Kemetrian Pertanian yakni  Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP), kemudian dari Kemenkes ada yang namanya Pegawai Tidak Tetap (PTT). 

"GGD itu ada 19 orang, THL-TBPP 24 orang dan PTT ada 105 orang. Dengan menggunakan dana itu kita mengusulkan NIP mereka, mulai dari berbagai tes," katanya, Selasa (29/1).  

Erwin menjelaskan, memang untuk judul kegiatannya memang tertera seleksi penerimaan CPNS, karena ini sudah menjadi ketentuannya seperti itu. "Memang seleksi penerimaan CPNS ini bukan diperuntukan untuk formasi umum atau masyarakat Kapuas Hulu, melainkan untuk formasi pusat," jelasnya. 

Erwin menegaskan kegiatan seleksi CPNS 2017 bukanlah fiktif karena kegiatannya dilaksanakan, bahkan tenaga pemerintah pusat yang sudah mengikuti seleksi itu sudah bertugas di Kapuas Hulu. 

"Dana ini untuk tahun 2019 kita juga ada masukan, karena programnya ada. Karena kita juga tidak tahu apakah tahun ini ada penerimaan pegawai lagi baik itu untuk tenaga pusat maupun daerah," paparnya. 

Sementara itu Sarbani Kepala BKPSDM Kapuas Hulu mengatakan, kegiatan seleksi CPNS yang teralisasi ditahun 2017 tersebut memang untuk penerimaan bagi tenaga pusat. "Penerimaan CPNS tahun 2017 itu untuk formasi pusat, namun penyelenggarannya di kita. Dana itulah yang digunakan," jelasnya.

Sarbani mengungkapkan, bahwa judul kegiatan mereka itu memang Seleksi Penerimaan CPNS, tak bisa dirubah karena terkadang dari Pemerintah Pusat tersebut diluar dugaan untuk melakukan penerimaan pegawai pusat. 

"Tiap tahun memang kita ada menganggarkan kegiatan seperti itu untuk mengantisipasi permintaan pemerintah pusat. Artinya kita mempersiapkan dahulu mata anggarannya, jangan sampai kita kelabakan," ucapnya. 

Lanjut Sarbani, jika anggaran yang sudah disiapkan namun tidak ada penerimaan pegawai dari pusat maupun daerah, maka mata anggarannya akan kita rubah dengan yang lain.

"Kalau tidak nanti diverifikasi sama keuangan dengan judul kegiatan seperti itu, nanti dikembalikan uangnya ke kas daerah," pungkasnya. (fiq) 



Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2604117858572974

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item