Sepanjang 2018, Bawaslu Kapuas Hulu Tangani 20 Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019

pena iklan

Penakapuas.com- Sepanjang tahun 2018 kemarin, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kapuas Hulu sedikitnya menangani 20 dugaan pelanggaran Pemilu 2019. 

20 dugaan pelanggaran tersebut terjadi diberbagai kecamatan diantaranya  Putussibau Selatan ada 3 pelanggaran, Putussibau Utara 4 pelanggaran, Kalis 4 pelanggaran, Bunut Hulu 3 pelanggaran, Selimbau ada 1 pelanggaran, Suhaid 1 pelanggaran, dan Hulu Gurung ada 4 pelanggaran.

"Semua pelanggaran ini sudah kami panggil semua dan dalam hal ini kami mengutamakan pencegahan," kata Mustaan Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu dalam  jumpa pers catatan akhir tahun Pengawasan Pemilu 2019, di Sekretariat Bawaslu Kapuas Hulu, Senin (31/12).

Musta'an mengatakan, dugaan pelanggaran yang mereka tangani ialah berupa pelanggaran administrasi dan penertiban pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). 

"Jumlah penertiban APK selama ini seperti di Kecamatan Bunut Hulu 1 APK, Kalis ada 2, Putussibau Selatan 38 APK, Putussibau Utara ada 21, dan Kecamatan Suhaid 1 APK. Ini semua kami lakukan sesuai dengan perintah dari aturan yang berlaku," ujarnya.

Lanjut Mustaan, selama satu tahun 2018 sudah melakukan berbagai kegiatan seperti sosialisasi dan sebagai pengawas.

"Dalam pengawasan ini, kita tak hanya mengawasi peserta pemilu, tapi juga mengawasi KPU, itu berdasarkan PKPU. juga termasuk masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Dalam melakukan atau mengawal hak pilih masyarakat, Bawaslu telah membentuk 24 posko, baik di kecamatan maupun di ibukota (Putussibau). "Dalam hal ini, kami berkoordinasi dengan KPU, dan juga berkoordinasi dengan Disdukcapil Kapuas Hulu terkait data pemilih tersebut," pungkasnya. (AS)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8942158599278893743

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item