Pastikan Tak Terlibat Narkoba, Tenaga Kontrak Dinas PU Lakukan Tes Urine

pena iklan pena iklan

Penakapuas.com- Puluhan tenaga kontrak di Dinas PU Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu melakukan tes urine di kantornya, Senin (17/12). Tes urine ini untuk membuktikan jika mereka tidak terlibat narkoba. Tes urine yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kapuas Hulu ini merupakan syarat bagi tenaga kontrak untuk direkrut kembali ditahun 2019. 

"Jika mereka terbukti menggunakan narkoba, maka kerja mereka ini tidak diperpanjang," kata Ana Mariana Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu. 

Ana mengatakan, tes urine dilakukan ini memang mendadak untuk tenaga kontrak. Karena ini salah satu syarat penting untuk perekrutan tenaga kontrak baru yakni bebas narkoba. 

"Jadi untuk mereka ini (tenaga kontrak) ada yang dipertahankan dan diberhentikan. Semuanya juga tergantung dengan hasil tes hari ini," ujarnya. 

Sementara itu Muhammad Sukri Sekda Kapuas Hulu mengatakan, aturan pemerintah setiap tahun memang ada penerimaan tenaga kontrak disetiap SKPD. "Mereka inikan memang bekerja sesuai kontrak yakni 31 Desember masa kerjanya dan akan kembali pada Januari. Namun semua tergantung dinas lagi, apakah mereka mau melalui tes atau tidak," katanya. 

Sekda menjelaskan, kebutuhan tenaga kontrak disetiap dinas yang ada di Pemkab Kapuas Hulu masih banyak kurang, apalagi di dinas teknis. "Rata-rata di dinas teknis itu banyak tidak memiliki staf, mau tidak mau tenaga kontrak ini diberdayakan," katanya. 

Sekda mengatakan, sudah berapa kali pihaknya menyampaikan ke pemerintah pusat akan kekurangan pegawai. Dirinya kini mengaku pusing karena setiap dinas sudah mulai meminta tenaga baru. "Maka untuk itu saya menyarankan agar dinas yang ada untuk mengangkat tenaga baru," ucapnya.  

Namun Sekda menyarankan agar kedepan dalam perekrutan tenaga kontrak harus melalui tahapan tes, salah satunya tes narkoba. "Seperti yang dilakukan dinas Bina Marga ini, ini kan contoh yang baik dalam pengangkatan tenaga kontrak," jelasnya.

Sementara itu Bobi Rahmat petugas Kesehatan Dinkes Kapuas Hulu mengatakan, baru Dinas Bina Marga yang melakukan tes urine tenaga kontraknya. "Yang lain belum, inipun permintaan dari dinas ini untuk melakukan tes urine kepada pegawainya," katanya. 

Bobi menegaskan, tes urine yang dilakukan hari ini akan keluar hasilnya saat ini juga. Soalnya ini juga sesuai permintaan dari dinas bersangkutan agar hasilnya cepat keluar. (AS) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 753306653833540926

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item