Peserta Pemilu Kampanye Banyak Tak Kantongi STTP

pena iklan

Penakapuas.com- Peserta Pemilu 2019 diwajibkan untuk mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) ke pihak kepolisiaan saat akan melakukan kampanye dilapangan. Namun faktanya, peserta Pemilu banyak tidak mengurus STTP tersebut. 

"Mengapa penting hal ini dilakukan secara bersama, karena masih banyak pihak yang melakukan kampanye tidak mengantongi STTP tersebut dari Kepolisian. Karena mungkin mereka kurang paham, bagaimana mengurus STTP tersebut," kata Mustaan Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Kamis (21/11). 

Mustaan pun meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu dan pihak Kepolisian, untuk melakukan sosialisasi terkait surat tanda terima pemberitahuan (STTP) bagi setiap yang melakukan kampanye di Pemilu 2019.

Terkait mekanisme untuk mendapatkan STTP tersebut, kata  Musta'an harus mengajukan dulu ke Polres dan selanjutnya, Polres mengeluarkan STTP yang ditembuskan ke Bawaslu Kapuas Hulu.

"Saat ini  mereka langsung main tatap muka saja, tanpa melengkapi STTP itu, namun dalam melaksanakan tugas kita lebih mengedepankan pencegahan, namun bila mereka masih mengulanginya maka akan kita ambil tindakan tegas," ucapnya.

Selain itu kata Mustaan, pihaknya juga telah memproses beberapa temuan yang indikasinya mengarah pada pelanggaran dalam proses Pemilu 2019.

"Indikasi pelangggaran tersebut seperti Kampanye yang tidak mengantongi STTP, kampanye diluar jadwal yang ditentukan. Kita juga sudah memanggil beberapa kepala desa yang terlibat dalam politik praktis," jelasnya. 

Musta'an mengatakan, ada dua Kades yang dipanggil oleh Panwascam untuk melakukan klarifikasi, namun yang bersangkutan sampai saat ini masih belum mengakui.

"Pastinya kami masih terus mengumpulkan bukti-bukti yang lain" ucapnya.

Ada juga kata Musta'an, sempat menerima laporan kalau diduga ada Anggota DPRD Kapuas Hulu yang aktif membagikan sesuatu kepada masyarakat. "Tapi setelah kami cek dan penelitian lebih lanjut, ternyata tidak terbukti," pungkasnya. (AS) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4563599863825930828

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item