Pelayanan BPJS Kesehatan Belum Maksimal

pena iklan

Penakapuas.com- BPJS Kabupaten Kapuas Hulu menggelar sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan diaula MABM Kapuas Hulu, Senin (26/11).   

Muhammad Yusuf Asisten III Setda Kapuas Hulu menyambut baik sosialisasi yang dilakukan BPJS Kesehatan ini. Hanya saja saat ini pelayanan BPJS Kesehatan ini memang harus ditingkatkan baik ditingkat bawah seperti Puskesmas hingga rumah sakit.

"Karena selama ini masyarakat yang menggunakan BPJS Kesehatan secara mandiri ini, pelayanan yang didapatkan mereka ini belum maksimal," katanya usai membuka acara sosialisasi tersebut. 

Maka untuk itu kata Yusuf, kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan pelayanan kesehatan seperti Puskesmas maupun rumah sakit sepertinya perlu dievaluasi kembali. Soalnya ada keluhan dari masyarakat terhadap BPJS Kesehatan ini karena ada beberapa obat yang tidak ditanggung oleh mereka. 

"Saya juga melihat bahwa pelayanan BPJS Kesehatan ini antara di Jawa  dengan luar jawa seperti ada perbedaan. Di Jawa itu pelayanannya cepat, obatnya antara generik maupun paten ditanggung BPJS Kesehatan. Perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan pelayanan kesehatan disini harus dievaluasi," ujarnya.

Lanjut Yusuf, maka dari itu untuk memenuhi pelayanan yang baik dari BPJS Kesehatan, seharusnya dari Pemerintah Daerah dengan BPJS Kesehatan ini duduk bersama dalam memenuhi hak dan kewajiban masing-masing. 

Ditambahkan Indra Pratama Kepala BPJS Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, sosialisasi ini dikhususkan bagi perangkat desa maupun tenaga honorer di Kapuas Hulu yang belum masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. 

"Kita masih menunggu regulasi dari Kemendagri juga bagaimana mekanisme pendaftaran perangkat desa ini yang terkait dengan anggarannya," katanya. 

Indra mengungkapkan, pihaknya tidak khawatir jika perangkat desa maupun tenaga honorer ini yang masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan ini melakukan penunggakan pembayaran seperti peserta BPJS Kesehatan Mandiri.

"Karena iuran mereka ini otomatis disetorkan perbulan melalui kas negara. Jadi setoran mereka ini seperti PNS dan TNI-Polri," ujarnya. 

Maka dari itu Indra berharap dukungan pemerintah setempat terkait kepesertaan perangkat desa maupun honorer masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

"Karena ini sudah menjadi hak bagi Pekerja Penerima Upah khususnya perangakat desa maupun honorer," pungkasnya.(AS) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6988150293028571879

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item